Pengertian Kick Off

Pengertian Kick Off –Dalam sepak bola ada istilah disebut dengan Kick Off, istilah ini menjadi bagian penting dalam sebuah pertandingan sepak bola.

Kick Off dalam sepak dilakukan saat pertandingan akan dimulai. Dimana penendang Kick Off ditentukan oleh wasit, wasit biasanya akan melemparkan sebuah koin, lemparan koin sendiri dilakukan sebelum Kick Off, pemenang lemparan memutuskan apakah timnya akan melakukan Kick Off pada babak pertama atau babak kedua.

Tapi banyak yang tidak paham mengenai pengertian Kick Off itu sendiri. Nah, dalam artikel ini kami akan menjelaskan hal yang berkaitan dengan pengertian Kick Off.

Yukk simak selengkanya.

Pengertian Kick Off

Pengertian Kick Off

Ketika suatu pertandingan akan dimulai tentunya posisi bola berada di titik tengah lapangan dan salah dari satu tim akan bersiap-siap untuk melakukan tendangan Kick Off.  babak, baik itu babak pertama, kedua ataupun babak tambahan waktu.

Tendangan Kick Off dapat dilakukan pada awal babak pertama, ketika terjadi sebuah gol, untuk memulai babak kedua, dan untuk memulai setiap babak perpanjangan waktu.

Selama Kick Off, tim lawan harus berada setidaknya 9,15 meter dari bola. Kick Off wajib dilakukan pada awal mula pertandingan, karena sudah menjadi peraturan yang tercatat di  Laws of The Game, buku tersebut terdiri dari 17 law. Dalam buku tersebut mencatat peraturan mengenai mulai dan melanjutkan ulang permainan.

Apabila di pahami pengertian dari Kick Off yaitu sebuah tanda dimulainya pertandingan dalam sepak bola.

Cara Melakukan Kick Off

Cara Melakukan

Sekitar tahun 2016 kebawah cara melakukan Kick Off harus dengan dua pemain, penendang pertama harus menendang ke depan dan pemain tersebut tidak diperbolehkan menyentuh bolanya kembali sebelum bola tersebut disentuh kawannya sendiri,

Namun sekitar 2016 silam ada perubahan peraturan , saat itu FIFA mengganti peraturan baru dimana pemain boleh menendang ke belakang meski dilakukan oleh satu orang.

Selain itu, tendangan Kick Off boleh langsung ditendang ke arah gawang lawan oleh satu orang pemain, dan apabila bola tersebut masuk ke gawang lawan maka tendangan tersebut dinyatakan sebagai gol yang sah.

Namun yang banyak dilakukan oleh sebuah tim pada saat Kick Off dimana bola sebelum di bawa ke depan, terlebih dahulu mereka menendangnya ke belakang. Tujuannya dapat membangun serangan yang akan dilakukan oleh tim tersebut.

Namun yang tetap tidak diperbolehkan ketika Kick Off yaitu pemain lawan dilarang berada di area lingkaran tengah lapangan atau berada masuk ke garis tengah pemain lawan.


Baca Juga: Pola Permainan Sepak Bola


Perkembangan Kick Off

Peraturan Kick Off beberapa kali mengalami perubahan meski tidak terlalu mencolok. Hanya perubahan dalam cara melakukannya saja.

Perkembangan yang terjadi pada Kick Off sudah tercatat dalam buku sejarah sepak bola. Semua pemain sepak bola wajib mengikuti aturan yang mengalami perubahan tersebut.

Sejak tahun 2016 sampai saat ini Kick Off belum pernah mengalami perubahan kembali, namun tentunya kita tak pernah tau untuk kedepannya bisa saja FIFA akan mengubah lagi.


Baca Juga: Sejarah Sepak Bola


Penyebab Terjadinya Kick Off

Penyebab Terjadinya Kick Off

Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang menyebabkan terjadinya Kick Off. Berikut ini penyebab terjadinya Kick Off dalam dunia Sepak bola.

  • Memulai Pertandingan

Sudah dijelaskan diatas, mulainya sebuah pertandingan sepak bola dilakukan setelah tendangan pertama (Kick Off).

Pemain yang jadi pemenang dalam pelemparan koin akan memilih tendangan Kick Off pada babak pertama atau babak kedua, pemilih untuk penendang Kick Off di babak pertama akan melakukan tendangan saat wasit meniupkan peluit tanda dimulainya pertandingan.

  • Saat Terjadi Gol

Tendangan Kick Off dapat dilakukan juga saat terciptanya sebuah gol. Tim yang kebobolan akan melakukan tendangan dari titik tengah.

  • Memulai Babak Kedua

Tendangan dari titik tengah dapat dilakukan juga ketika selesainya babak pertama atau setelah selai istirahat di babak pertama.

Sama seperti pada babak pertama, maka babak kedua dimulai dengan melakukan tendangan Kick Off sebagai tanda dimulainya pertandingan.

  • Memulai Babak Perpanjangan Waktu

Ketika masuk pada pertandingan dengan sistem gugur, seringkali kedua tim mengalami hasil imbang dalam waktu normal 90 menit. Nah karena hasil tersebut kedua tim dipaksa untuk melakukan pertandingan dengan adanya tambahan waktu 2 x 15 menit.

Dalam perpanjangan waktu nanti, untuk memulai pertandingan salah satu tim harus melakukan tendangan Kick Off sebagai tanda dimulainya babak perpanjangan waktu.


Baca Juga: Pengertian Handsball


Akhir Kata

Pengertian Kick Off lebih mudah diartikan sebagai tendangan pertama dalam memulai sebuah pertandingan. Dalam sejarahnya beberapa kali tendangan Kick Off mengalami perubahan, jadi peraturan pada saat ini belum tentu menjadi peraturan Kick Off di masa yang akan datang.

Demikian penjelasan artikel tentang pengertian Kick Off, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita seputar dunia olahraga khususnya sepak bola. Salam Olahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *