Contoh Surat Somasi

Contoh surat somasi– Untuk Anda yang masih belum memahami istilah-istilah dalam dunia hukum mungkin belum mengerti apa itu surat somasi.

Surat somasi bisa dikatakan mirip dengan surat teguran atau bisa juga sebuah peringatan, yang diberikan untuk pihak tertentu yang dinyatakan melanggar hukum dan peraturan. Surat somasi terkadang berkaitan dengan pelanggaran perjanjian, perihal penghinaan, sampai hutang piutang.

Berikut ini pengertian surat somasi dan beberapa contoh surat somasi yang bisa Anda jadikan bahan referensi ketika membuat surat somasi:

Pengertian Surat Somasi

Pengertian Surat Somasi

Seperti yang di lansir dari wikipedia. Somasi yaitu sebuah teguran terhadap pihak calon tergugat pada saat proses hukum.

Somasi merupakan pemberitahuan atau pernyataan yang berkaitan dengan ketentuan dari suatu pihak yang menghendaki pemenuhan prestasi seketika atau dalam jangka waktu seperti yang sudah ditentukan dalam pemberitahuan tersebut.

Menurut Pasal 1238 KUH Perdata yang menyakan bahwa:

“Si berutang adalah lalai, apabila ia dengan surat perintah atau dengan sebuah akta sejenis itu telah dinyatakan lalai, atau demi perikatannya sendiri, ialah jika ini menetapkan, bahwa si berutang akan harus dianggap lalai dengan lewatnya waktu yang ditentukan”.

Tujuan Surat Somasi

Tujuan Surat Somasi

Tujuannya untuk memberi kesempatan untuk pihak calon tergugat agar berbuat sesuatu atau menghentikan atas suatu perbuatan sebagaimana tuntutan oleh pihak penggugat. Cara ini sangat efektif untuk menyelesaikan sengketa sebelum perkara yang diajukuan ke pengadilan.

Somasi bisa juga dilakukan secara individual atau bisa juga kolektif baik oleh kuasa hukum ataupun pihak yang dirugikan (calon penggugat).

Contoh Format Surat Somasi

Nomor: …………..

Lampiran:

Kepada Yth: ……………………………………….………………………

DI ………………………

Perihal : SOMASI

Dengan hormat,

Perkenankan kami, ……………………… Advokat dan konsultan hukum pada ……………………… berkedudukan di Jl. ……………………………………………… bertindak untuk dan atas nama serta kepentingan hukum klien kami ……………………… berdasarkan surat kuasa tertanggal ………………………(terlampir).

Bersama ini mohon perhatian ……………………… akan hal-hal sebagai berikut:

1. Bahwa ………………………(tentang hubungan hukum)

2. Bahwa ……………………… (pelaksanaan hubungan hukum)

3. Bahwa ………………………(pelanggaran yang dilakukan)

4. Bahwa berdasarkan hal-hal yang kami sampaikan diatas (meminta melakukan sesuatu)

Bahwa sampai waktu yang telah kami tentukan diatas ……………………… tidak melakukan ……………………… kami akan menempuh jalur hukum.

Demikian Somasi ini kami sampaikan untuk mendapat perhatian dan segera dilaksanakan. Tas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,

tanda tangan

(Nama Pembuat Somasi)

Contoh Surat Somasi Perihal Hutang Piutang

Somasi Perihal Hutang Piutang

Nomor: …………..

Perihal: PERINGATAN (SOMASI)

Kepada Yth.:

……………………………………….

………………………

Dengan hormat,

Sehubungan dengan pelaksanaan kerja sama …… berdasarkan Perjanjian….. Nomor ….. tanggal ….. (“Perjanjian”), Perjanjian mana telah menentukan kewajiban kami sebagai ….. untuk melakukan ….. dan kewajiban saudara sebagai …..untuk melakukan pembayaran ….. sebesar Rp. ….. (….. rupiah) kepada kami sebelum tanggal jatuh tempo. Terkait hal tersebut, perlu kami sampaikan bahwa:

Kami telah melaksanakan kewajiban kami sebagai ….. sesuai Perjanjian, yaitu melakukan ….. pada tanggal ….
Sampai dengan tanggal jatuh tempo pembayaran tersebut diatas, ternyata saudara belum juga melaksanakan kewajiban saudara sebagai ….., yaitu melakukan pembayaran ….. sebesar….. (….. rupiah) kepada kami.
Dengan demikian maka saudara masih berhutang kepada kami sebesar….. (….. rupiah).

Berdasarkan hal-hal tersebut diatas, dengan ini kami kami memberikan PERINGATAN/SOMASI kepada Saudara untuk:

Melaksanakan kewajiban saudara sebagai ….. untuk melakukan pembayaran ….. kepada kami sebesar….. (….. rupiah) dalam jangka waktu selambat-lambatnya ….. (…..) hari kalender terhitung sejak tanggal diterimanya surat PERINGATAN/SOMASI ini.

Dalam hal sampai dengan jangka waktu tersebut Saudara belum juga melaksanakan kewajiban Saudara, maka kami akan mengambil langkah-langkah hukum yang diperlukan, baik pidana maupun perdata.

Demikian PERINGATAN/SOMASI ini kami sampaikan untuk menjadi perhatian.

Hormat kami,

PT . ……

(Direktur Utama)

Contoh Surat Somasi Untuk Kasus Melanggar Hukum

Somasi Untuk Kasus Melanggar Hukum

Nomor : 12/01/Ls/UP2021

Perihal : Somasi Pertama

Kepada Yth:

Direktur PT. Rinjani Global Indo

Bpak. Ir. Raffi Ahmad

Jl. Raya Dharmawangsa No. 104 Surabaya

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini kami menyampaikan tentang kewajiban PT. Rinjani Global Indo pada perjanjian untuk pembangunan Mall Ciputra World. Dalam perjanjian sebagaimana yang telah diatur dalam akad perjanjian nomor 3456712 pertanggal 12 Januari 2021 tentang kewajiban kami untuk menyelesaikan tahap pembangunan serta atas kewajiban saudara sebagai PT. Rinjani Global Indo melunasi pembayaran sebesar Rp. 12.000.000,000 (dua belas milyar rupiah). Hal ini kami sampaikan berkaitan sudah tibanya masa tempo pembayaran terkait hal tersebut. Dan sehubungan hal ini kami juga ingin menyampaikan bahwa

Pembangunan Mall Ciputra World telah selesai dibangun sampai pada tahap penyelesaian sesuai dengan ketentuan yang disepakati yaitu pada tanggal 10 Desember 2019 sampai tanggal 20 Maret 2020.
Sampai pada datangnya waktu tempo pelunasan saudara yang bersangkutan belum juga melakukan kewajiban membayar tagihan tersebut sebesar Rp. 12.000.000 (dua belas milyar rupiah) kepada kami.

Dengan begitu maka saudara Ir. Raffi Ahmad memiliki utang kepada kami sebesar Rp. 12. 000.000.000 (dua belas milyar rupiah).

Berdasarkan dengan hal diatas maka kami memberikan dan menyampaikan serta memberikan peringatan/somasi kepada saudara untuk:

Agar segera melaksanakan kewajiban saudara sebagai Direktur PT. Rinjani Global Indo melakukan pelunasan berkaitan biaya pembangunan Mall Ciputra World kepada pihak kami sebesar Rp 12.000.000.000 (dua belas milyar) dengan masa waktu selambat-lambatnya satu minggu atau 7 hari setelah diterimanya surat peringatan/somasi ini.

Apabila sampai waktu yang telah diberikan saudara belum melunasi pelaksanaan kewajiban untuk melakukan pelunasan hal terkait diatas, maka pihak kami akan menempuh jalur hukum untuk penyelesaian perihal ini baik untuk perdata maupun pidana.

Demikianlah Peringatan/somasi ini disampaikan kepada saudara yang bersangkutan semoga surat ini menjadi perhatian.

Hormat Kami,

PT. Suraya Jaya Kontraktor

Malik Maulana

Contoh Surat Somasi Untuk Jual Beli

Somasi Untuk Jual Beli

Nomor : 14/03/Ls/UP2021

Perihal : Somasi Kedua

Kepada Yth:

Direktur PT. Mitra Jaya Abadi

Bpak. Raden Wicaksono

Jl. Raya Jambangan No. 70, Surabaya

Dengan hormat

Kepada klien kami atas

Nama : Jaya Teguh Angga

Alamat : Jl. Raya Dukuh Kupang No. 109, Surabaya

Berkaitan ini kami ingin menyampaikan perihal penting kepada saudara yang berkaitan tersebut yaitu menyampaikan surat somasi kedua yaitu:

Sebagaimana yang telah diketahui bahwa saudara telah melakukan perjanjian atau suatu pengikatan atas perkara jual beli dengan nomor 30/78.32/2021 per tanggal 13 Maret 2021 tentang penjualan gedung apartemen bertingkat 5 yang terletak di area

Kompleks : Komplek Citralend Regency 21

Terletak : di Jln. Mangga Dua, Surabaya

Luas Tanah : 700 M2

Jumlah lantai : 5 (lima ) lantai

Luas bangunan: 700 M2

Sebagaimana yang terdapat dalam pasal 3 ayat 2 tentang perjanjian yang telah disepakati dan disetujui oleh kedua belak pihak yaitu bahwa saudara akan memberikan bangunan untuk dipergunakan oleh pihak klien kami selambat-lambatnya pada tanggal 3 Maret 2020

Kemudian dalam perjanjian tersebut yang jelas terdapat dalam pasal yang bahwa pihak klien akan melunasi sisa harga harga jual beli dengan harga sebesar Rp. 700.000.000 (tujuh ratus juta rupiah) dibayar tunai dengan sekali bayar.

Dengan demikian pihak klien kami telah terbukti melakukan kewajibannya sebagaimana yang telah diatur yaitu membayar serta melunasi jual beli gedung tersebut. Namun berkaitan dengan sampai waktu yang ditentukan yaitu pada tanggal 10 April 2020 ini saudara belum juga melakukan penyerahan gedung apartemen tersebut yang telah sah saudara jual kepada klien pada tanggal selambat-lambatnya 17 April 2020 sehingga mengakibatkan terjadinya wanprestasi.

Berkaitan dengan perihal berikut diatas maka melalui surat somasi kedua ini pihak klien kami memberikan waktu dan kesempatan untuk segera melakukan penyerahan gedung apartemen tersebut paling lama 7 hari sejak diterbitkan somasi kedua ini.

Kiranya saudara yang bersangkutan dapat memperhatikan surat ini dengan sebagaimana mestinya sehingga dapat melaksanakan apa yang menjadi kewajiban saudara. Sebelum hal yang tidak diinginkan terjadi sehingga dapat merusak citra perusahaan yang bapak pimpin tersebut.

Berdasarkan uraian surat somasi kedua ini kami sampaikan kepada saudara. Kami berharap ada itikad baik saudara untuk menyelesaikan perihal ini dengan sebaik-baiknya dan secepatnya. Kami berharap saudara dapat memberikan langsung respon positif atas penyelesaian permasalahan ini. Terimakasih sebelumnya kami ucapkan kepada saudara.

Dengan hormat, Surabaya 14 Maret 2021

Kuasa Hukum

David Suroso

Contoh Surat Somasi Untuk Lembaga Pemerintah

Somasi Untuk Lembaga Pemerintah

Nomor : 12/675321/LK/UP2021

Hal : Somasi Pertama

Kepada Yth.

Dinas Sosial Pemerintah Kota Magetan

Bapak. Ir. Rahmad Dermawan

Jln. Raya Gorang Gareng No. 109, Surabaya

Dengan hormat,

Tanpa mengurangi rasa hormat, saya selaku wakil dari pihak PT. Mitra Kontraktor Jaya menyampaikan surat somasi terkait dengan pelanggaran perjanjian kerja sebagaimana yang telah disepakati sebelumnya seperti yang terlampir dalam surat ini.

Bahwasanya dalam perjanjian tersebut PT. Mitra Kontraktor Jaya berkewajiban untuk melaksanakan pembangunan proyek rumah DP Rp 0 di daearh Desa Ngadirejo sementara pihak Dinas Sosial Pemerintah Kota Magetan berkewajiban untuk memberikan pembayaran sebesar Rp 21.000.000.000 (dua puluh satu miliar rupiah).

Terhitung sejak tanggal 11 Januari 2017 pihak klien kami PT. Mitra Kontraktor Jaya telah menyelesaikan pembangunan sebagaimana yang diminta dalam kontrak kerja. Namun hingga tanggal 12 Januari 2020 pembayaran belum diterima oleh klien kami dan kini sudah memasuki masa tempo.

Berdasarkan hal tersebut, melalui surat somasi ini kami meminta agar:

Saudara selaku Kepala Dinas Sosial Pemerintah Kota Magetan untuk melakukan pelunasan pembayaran dengan besaran Rp 21.000.000.000 (dua puluh satu miliar rupiah) sebagaimana yang terlampir dalam akad kontrak kerja. Selambat-lambatnya pembayaran diterima tujuh hari sejak penerbitan surat somasi ini.

Apabila sampai batas waktu yang ditentukan pihak Dinas Sosial belum melakukan pelunasan maka kami akan menempuh jalur hukum dengan mengajukan gugatan perdata dan pidana.

Demikian surat somasi ini kami layangkan agar menjadi perhatian.

Hormat Kami,

Magetan, 15 Maret 2020

Kuasa Hukum

Bejo Sugiatoro, SH, MH

Contoh Surat Somasi Penyerobotan Tanah

Somasi Penyerobotan Tanah

Hal : Somasi Pertama

Kepada Yth.

Ibu. Fika Risanti

Jln. Raya Jambangan No. 190, Surakarta

Dengan hormat bahwasanya saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Amanda Manopo

Alamat : Jln. Asia Afrika No. 90, Surakarta,

Sebagai advokat dan konsultan hukum bertindak atas nama klien kami Ranty Marina dengan alamat Jln. Bogowonto No. 102 Kecamatan Dupak Surakarta ingin menyampaikan surat somasi pertama kepada saudara berdasarkan Surat Kuasa tertanggal 12 April 2021 (terlampir).

Berkenaan dengan persoalan perebutan hak guna atas tanah dengan rincian:

Kompleks : Perumahan Regency 21

Lokasi : Jln. Ahmad Yani No. 11, Surakarta

Luas tanah : 700 meter persegi

Bahwa tanah tersebut merupakan milik dari klien kami Ranty Marina berdasarkan sertifikat kepemilikan tanah bernomor 23/SK/0238928/TNH. Namun, saudara ditemukan secara sengaja telah membangun sebuah bangunan hingga mengambil tanah klien kami seluas 100 meter persegi di bagian utara tanah.

Atas dasar hal tersebut klien kami mengajukan kepada saudara untuk melakukan perobohan bangunan dan ganti rugi atas penggunaan secara sengaja dan tanpa izin atas hak guna tanah Klien kami memberikan waktu bagi saudara untuk melakukan perobohan bangunan yang menyerobot tanah sekurang-kurangnya dalam waktu 7 hari setelah surat somasi diterbitkan.

Apabila dalam waktu yang telah ditentukan saudara tidak melakukan sesuai dengan yang diminta maka klien kami akan mengajukan gugatan hukum perdata maupun pidana kepada pihak berwajib.

Demikian surat somasi ini dilayangkan agar menjadi perhatian.

Hormat kami,

Surakarta, 15 Maret 2020

Kuasa Hukum

Amanda Elsa, SH, MH

Surat Somasi Pelanggaran Sewa Bangunan

Somasi Pelanggaran Sewa Bangunan

Nomor : 05/10/Ls/UP2019

Hal : Somasi Pertama

Kepada Yth.

Bapak. Ir. Bakti Novantoro

Jln. Gunung Sari No. 245, Lampung

Dengan hormat,

Bersamaan dengan surat ini kami menyampaikan surat somasi pertama berupa pelanggaran hak sewa bangunan sesuai dengan yang tertera dalam surat perjanjian bernomor 21/65.37/2019 per tanggal 13 Desember 2021 mengenai sewa ruko tingkat 4 yang ada di area

Kompleks : Perumahan Alam Galaxy

Luas bangunan : 700 meter persegi

Sebagaimana yang telah tertuang dalam perjanjian sewa bahwa bahwa klien kami berkewajiban melunasi pembayaran sewa sebesar Rp 70.000.000 (tujuh puluh juta rupiah) untuk sewa selama satu tahun. Dengan demikian klien kami telah melaksanakan kewajiban yang tertuang di dalam akad sewa. Namun, hingga 17 Maret 2021 saudara belum melakukan kewajiban berupa penyerahan gedung sehingga menyebabkan wanprestasi.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, klien kami mengajukan waktu untuk saudara menyerahkan gedung ruko selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah surat somasi pertama diterbitkan. Apabila hingga tujuh hari saudara tidak melaksanakan kewajiban maka kami akan menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan persoalan ini.

Demikian semoga menjadi perhatian.

Hormat kami,

Kuasa Hukum

Djayusman Suprianto, SH, MH

Contoh Surat Somasi Pelanggaran Serah Terima

Somasi Pelanggaran Serah Terima

Nomor : 05/10/Ls/UP2019

Hal : Somasi Kedua

Kepada Yth. Properti Jatuh Bangun

Bapak. Ir. Joko Susilo

Jln. Randu Agung No. 124, Surabaya

Dengan hormat,

Sebagaimana yang telah tertuang di dalam surat perjanjian jual beli bernomor 21/65.37/2021 per tanggal 1 Januari 2021 mengenai penjualan gedung ruko tingkat 2 yang ada di area.

Kompleks : Pasar Senin – Kamis

Lokasi : Jln. Raya Maospati No. 89, Surabaya

Luas bangunan : 700 meter persegi

Sebagaimana yang telah tertuang dalam perjanjian jual beli bahwa klien kami berkewajiban melunasi pembayaran bangunan sebesar Rp 700.000.000 (tujuh ratus juta rupiah). Dengan demikian klien kami telah melaksanakan kewajiban yang tertuang di dalam akad jual beli. Namun, sesuai dengan akad yang tertuang dalam perjanjian saudara belum melakukan kewajiban berupa penyerahan gedung hingga tanggal 15 Desember 2019 sehingga menyebabkan wanprestasi.

Berkaitan dengan permasalahan tersebut, klien kami mengajukan waktu untuk saudara menyerahkan gedung ruko selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari setelah surat somasi kedua ini diterbitkan. Apabila hingga tujuh hari saudara tidak melaksanakan kewajiban maka kami akan menempuh jalur hukum untuk menyelesaikan persoalan ini. Demikian semoga menjadi perhatian.

Hormat kami,

Kuasa Hukum

Vian Herlambang, SH, MH

Demikian artikel dari kami yaitu tentang beberapa contoh surat somasi, semoga artikel ini dapat bermanfaat, Terimakasih.

Tinggalkan komentar