Kerajinan dari Sedotan

Setiap kerajinan mempunyai keunggulan dan kelebihan tersendiri, tak terkecuali kerajinan dari sedotan. Bahan ini akan terlihat unik dan menarik untuk dijadikan kerajinan ditangan seorang yang kreatif.

Tak disangka, sedotan yang notabene setelah digunakan tidak lagi berguna ternyata bisa dijadikan sebuah kerajinan yang unik dan menarik.

Berikut ini akan dijelaskan beberapa hal yang berkaitan dengan kerajinan dari sedotan.

Sejarah Bahan Sedotan

Sejarah bahan sedotan ini menggunakan bahan polypropylene, yaitu sebuah bahan plastik yang di gunakan untuk kantong obat, sedotan, atau juga tutup botol minuman.

Kemudian sedotan jenis tekuk mulai di temukan sekitar tahun 1930 oleh seorang yang berasal dari San Fransisco yang bernama Joseph B. Friedman.

Dan sampai saat ini banyak masyarakat menggunakan sedotan lurus atau juga sedotan yang bisa di tekuk untuk meminum minuman.

Pada saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis sedotan yang sudah di produksi seiring dengan berkembangnya jaman.

Bahkan saat ini telah ada sedotan menyerupai sendok yang memiliki fungsi gandaa, yaitu dapat dijadikan sebagai sedotan atau juga sebagai sendok.

Apabila awalnya sedotan hanya di pakai sehari sebagai alat bantu untuk meminum minuman, sekarang sedotan sudah banyak di gunakan sebagai bahan untuk membuat produk kerajinan handicraft yang menarik.

Walaupun bahannya lebih murah dan mudah di dapatkan, namun hasil dari kerajinan dari sedotan tidak kalah menarik dan juga variatif.

Kita bisa mendapatkan sedotan di toko yang menyediakan bahan-bahan kerajinan atau bahan-bahan plastik.

Sedotan ini kaya dengan ragam bentuk, warna, dan motif. Walaupun sedotan terlihat agak kaku, namun sedotan tetap mempunyai sifat seperti bahan aslinya yakni plastik yang lentur dan elastis.

Nilai Tambah Sedotan sebagai Bahan Kerajinan

Sedotan

Supaya sedotan mempunyai nilai tambah dan terkesan lebih menarik, tidak harus di butuhkan keterampilan atau pelatihan khusus. Akan tetapi sentuhan seni dari sang pengrajin.

Namun, secara teknis ada beberapa tahap yang wajib disiapkan supaya proses pengerjaan menjadi lancar.

Dimulai dari bentuk yang akan di buat, bahan pendukung, model perangkaian, pemilihan alat, bahan dasar, sampai pengemasannya.

Pengertian Kerajinan dari Sedotan

Pengertian Kerajinan dari Sedotan

Banyak yang beranggapan bahwa sedotan merupakan barang yang murah dan akhirnya akan menjadi sampah dan tidak terpakai.

Pemikiran seperti ini merupakan suatu kesalahan yang besar, sebuah limbah sedotan bisa dipakai untuk membuat sebuah kerajinan yang mempunyai nilai jual tinggi.

Apabila sedotan dianggap suatu penyebab dari pencemaran lingkungan, dan membuat lingkungan menjadi tidak enak dipandang, maka kamu bisa manfaatkan limbah sedotan tersebut menjadi suatu kerajinan tangan.

Kesimpulannya, membuat sebuah kerajinan dari sedotan juga dapat meminimalisir penyebab terjadinya suatu pencemaran lingkungan yang parah.

Ragam Kerajinan dari Sedotan

Berikut ini beberapa jenis kerajinan dari sedotan yang bisa kamu jadikan rekomendasi hiasan dirumah, dan bisa kamu coba sendiri dengan bahan sendiri.

Miniatur Rumah dari Sedotan

Miniatur Rumah dari Sedotan

Kerajinan dari sedotan pertama adalah miniatur rumah. Bagi kalian yang memiliki hobi mengoleksi ragam jenis miniatur atau sejenisnya, kerajinan ini cocok untuk dijadikan salah satu koleksimu.

Karena jika dilihat dari bentuknya tidak kalah unik dan keren dari miniatur-miniatur dengan bahan lainnya.

Bunga dari Sedotan

Kemudian yaitu sebuah bunga yang dibuat dengan menggunakan sedotan plastik bekas. Banyak sudah orang yang paham mengenai kerajinan dalam membuat bunga.

Cara membuat bunga dari sedotan yang mudah dan simpel bisa dijadikan sebagai pertimbangan untuk membuatnya.

Nah kalau kamu sudah tau sedotan ini bisa dijadikan sebuah bunga yang unik, kamu bisa langsung mencobanya dirumah.

Hiasan Dinding

Bagi kalian yang ingin membuat ruangan rumahmu terlihat lebih menarik, mungkin kerajinan satu ini bisa dijadikan solusinya.

Karena menggunakan bahan yang unik ini, dapat menambah nilai seni pada sebuah ruangan yang kamu pasangkan.

Selain itu, kamu juga bisa menjadikan hiasan dari sedotan tersebut menjadi suatu center piece pada ruangan di rumahmu.

Dan apabila karya yang kamu buat memang unik, kamu bisa menjualnya untuk menambah penghasilan kamu.

Penutup Lampu Gantung

Bagi kamu yang menyukai barang unik dan menarik untuk dijadikan penghias rumah, mungkin kerajinan ini cocok bagi kamu, yaitu kerajinan penutup lampu gantung yang dibuat dari sedotan.

Selain berfungsi untuk sebagai hiasan pada penutup lampu, dengan sedotan juga kamu bisa mengurangi cahaya lampu di rumah kamu yang sangat terang dan membuat tidurmu kurang nyaman.

Vas Bunga

Bagi kamu yang ingin menghias rumah supaya terlihat lebih unik dan menarik, kamu tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk membuatnya.

Kamu bisa membuat vas bunga hanya dengan menggunakan sedotan sebagai bahan utamanya. Kamu hanya membutuhkan sedotan yang berwarna-warni dan lem dengan tambahan menggunakan pita atau yang lainnya sebagai hiasan.

Tempat Pensil

Mungkin kerajinan satu ini dapat menampung tempat pensil kamu dan dapat menjadi sebuah penghias untuk meja belajar kamu, yaitu sebuah tempat pensil yang dibuat dari sedotan plastik.

Tempat pensil dari sedotan satu ini sangat jarang ditemukan, padahal sebenarnya membuat kerajinan ini tidak begitu sulit dan sangat mudah.

Taplak Meja dari Sedotan

Sedotan tidak hanya dijadikan untuk hiasan lampu dan dinding saja, akan tetapi bisa dijadikan suatu taplak meja yang unik.

Namun, untuk membuat kerajinan ini dibutuhkan kreativitas yang tinggi dan tidak bisa asal-asalan dalam membuatnya.

Karena dalam membuat kerajinan taplak meja cukup sulit bagi kamu yang masih dalam tahap pemula dan belum menguasai kemampuan dalam menganyam.

Jadi bukan hanya itu saja, kamu juga membutuhkan ketelitian yang tinggi dalam membuat taplak meja tersebut.

Tirai dari Sedotan

Jika kamu mempunyai jendela rumah kamu yang tidak berwarna dan tidak menarik sekali untuk dilihat, tidak perlu khawatir jika kamu ingin merubahnya.

Kalian juga tidak butuh biaya yang mahal dalam membuatnya agar terlihat lebih cantik. Kamu hanya harus memanfaatkan sedotan plastik untuk dijadikan sebuah tirai jendela atau pintu di rumahmu.

Gantungan Kunci dari Sedotan Plastik

Kerajinan tangan dari sedotan kemudian yakni kerajinan gantungan kunci yang unik dan menarik. Dalam membuat kerajinan ini menggunakan teknik anyaman.

Cara membuat gantungan unik dari sedotan yaitu dengan menganyam. Dalam membuat gantungan kunci lebih mudah dibandingkan membuat taplak meja tadi.

Bingkai Foto

Bagi kalian yang menginginkan bingkai foto yang keren, unik, dan mudah dibuat serta tidak membutuhkan biaya yang banyak.

Ternyata hanya memanfaatkan sedotan kamu juga bisa membuat bingkai foto yang  cantik dan lucu.

Bahan dan alat :

  • Sedotan warna-warni
  • Kardus atau kertas karton
  • Lem
  • Gunting
  • Dan lain sebagainya

Cara membuatnya :

  1. Tumpuk kardus atau karton.
  2. Kemudian potong sesuai ukuran foto.
  3. Setelah itu,potong sedotan sesuai dengan ukuran foto kamu.
  4. Tempelkan sedotan kardus atau karton.
  5. Bingkai cantik dari sedotan pun sudah jadi.

Hiasan Kue Ulang Tahun

Bagi kamu yang kebingungan mencari hiasan bagi kue ulang tahunmu, kamu bisa memanfaatkan sedotan untuk mempercantik kue ulang tahunmu.

Caranya juga dapat dikatakan sangat mudah untuk dipraktekkan, yakni dengan menancap dua sedotan kemudian kamu pasang penghias yang sudah dikaitkan bersamaan dengan tali agar bisa menggantung.

Nampan Anyaman

Apakah kamu pernah melihat nampan yang dibuat dari sedotan sebagai bahan utamanya? Bagi kamu kalian mau membuat nampan seperti ini dapat menggunakan sedotan yang mempunyai warna-warni agar terlihat lebih menarik.

Selain itu, jika kamu akan menyajikan sebuah minuman kamu bisa menggunakan nampan tersebut.

Dalam proses membuatnya kamu bisa pilih sedotan dengan jenis tebal agar nampak lebih bagus, dan untuk alas nampan kamu bisa menggunakan alas kayu agar nampan lebih kuat.

Boneka dari Sedotan

Jika kamu kebingungan dan bosan melihat jenis permainan yang itu-itu saja, lebih baik kerajinan yang satu ini harus kamu coba, yaitu sebuah boneka dari sedotan.

Selain untuk permainan, boneka dari sedotan juga mempunyai fungsi lain yaitu sebagai ornamen dan pelengkap dekorasi rumah.

Kerajinan Tas dari Sedotan

Bagi kamu khususnya para wanita yang suka dengan fashion dan salah satu jenis barang yang sering dipakai oleh para wanita, yaitu sebuah tas.

Mungkin banyak yang mengira bahwa membuat kerajinan tas ini membutuhkan biaya yang mahal. Padahal kamu tidak membutuhkan biaya yang banyak, hanya dengan membuat karya ini menggunakan sedotan untuk bahan utamanya.

Kamu juga dapat menggabungkan bahan sedotan dengan bahan kain agar terkesan lebih bagus, serta tambahkan bunga-bunga dari plastik supaya lebih unik dan menarik.

Sendal

Apabila kamu sering kehilangan sendal, mungkin kerajinan satu ini dapat menjadi suatu solusi dari masalah itu.

Sendal ini terlihat lebih unik karena masih jarang orang-orang yang mempunyai sandal seperti ini.

Jadi, untuk kamu yang ingin membuat sandal seperti ini, kamu bisa menggabungkan beberapa warna sedotan agar terlihat lebih menarik lagi.

Kamu juga bisa memberikan tambahan beberapa bahan agar sandal ini menjadi awet pada saat dipakai.

Permainan Labirin

Kerajinan Tangan Dari Sedotan

Bagi kamu yang mempunyai adik dan masih kecil, serta kamu sebagai kakaknya bingung karena tidak mempunyai uang untuk memberikan mainan yang cocok bagi adik kalian. Mungkin permainan kerajinan ini bisa cocok bagi adik kalian.

Suatu permainan yang mempunyai bentuk seperti sebuah labirin ini juga bisa membantu dalam mengasah kecerdasan otak si adik.

Akhir Kata

Apapun jenis bahannya akan menjadi sebuah kerajinan yang mempunyai nilai seni tinggi dan berguna di tangan orang-orang yang kreatif. Membuat souvenir dari sedotan juga bisa dijadikan sebuah alternatif.

Begitu juga dengan sedotan, dimana bahan ini mempunyai kesan sebagai limbah yang biasa dibuang. Namun bagi beberapa orang, sedotan merupakan harta yang berharga yang bisa dijadikan sebuah kerajinan yang unik.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan dari sedotan, semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Tinggalkan komentar