Kerajinan Akrilik

Kerajinan akrilik– Seiring perkembangan zaman kini banyak sekali jenis kerajinan yang dibuat bukan hanya dari bahan seperti kayu, logam, atau sejenisnya, ternyata akrilik juga bisa dibuat untuk kerajinan.

Bahan seperti akrilik sekarang sering dijadikan sebagai benda kerajinan yang dijual di pasaran. Walaupun sebelumnya bahan ini hanya digunakan sebagai bahan pendukung untuk membuat kerajinan.

Nah segelintir orang melihat peluang usaha dari akrilik dan menjadikannya sebagai benda kerajinan yang unik dan menarik.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa hal yang berkaitan dengan kerajinan akrilik, pada artikel ini juga akan dijabarkan beberapa contoh kerajinan akrilik yang keren.

Pengertian Akrilik

Pengertian Akrilik

Banyak yang berpendapat bahwa akrilik ialah sebuah cat yang sering digunakan untuk melukis.

Padahal pengertian akrilik ini ialah suatu benda yang berupa lembaran plastik dan transparan seperti kaca yang sering digunakan untuk komponen bangunan atau pembuatan furnitur.

Secara ringkas akrilik adalah suatu bahan dengan tekstur keras yang terbuat dari bahan homopolimer termoplastik, dan mempunyai tampilan bening yang biasa disebut “plexiglass” di pasar dagang.

Dan tentunya cara membuat akrilik ini gampang-gampang sulit, bahannya yang sulit ditemukan menjadi salah satu faktor yang membuat akrilik ini menjadi sulit dibuat.

Contoh Kerajinan Akrilik

Sangat banyak macam-macam akrilik dan seni kerajinan akrilik yang kita jumpai di masyarakat.

Nah berikut ini beberapa jenis kerajinan akrilik yang sering sekali kita jumpai di toko-toko yang menjual benda-benda kerajinan.

1. Kalender Akrilik

Kalender Akrilik Kalender dari Akrilik Kerajinan Kalender dari Akrilik

Dalam membuat kalender dari akrilik, bahan dan alat yang kamu butuhkan antara lain ialah dua lembar akrilik yang mempunyai ukuran sama, empat buah sekrup standoff, alat bor, dan juga selotip berwarna.

Sebelum kedua lembar akrilik tersebut dilubangi, ukur terlebih dahulu keempat sisinya untuk menandakan titik mana yang akan dibor.

Jangan lupa untuk membuka pembungkus akrilik yang baru kamu beli. Karena ini bertujuan untuk mempermudah kamu melubangi akrilik.

Setelah keempat sisi sudah dibor, barulah kamu bisa membuat tampilan kalendernya. Manfaatkan selotip berwarna untuk membentuk kolom tanggal dan hari. Kamu juga bisa mencetak huruf-huruf yang nanti ditempelkan pada kertas sticker.

Langkah terakhir dalam pembuatan kalender akrilik adalah merekatkan sekrup standoff ke lembaran akrilik di dinding. Letakkan ujung bor pada bagian tengah dari sekrup standoff, kemudian pasang bagian penutup sekrup pada akrilik dan kemudian rekatkan.

2. Bingkai Foto Akrilik

Bingkai Foto Akrilik Kerajinan Bingkai Foto dari Akrilik Bingkai Foto dari Akrilik

Bingkai foto akrilik bukan hanya sekedar stylish, transparansi dari akrilik inipun bisa memberikan tampilan dengan efek melayang pada foto atau artwork yang kamu pajang.

Cara membingkainya juga hampir sama seperti membingkai foto pada pigura umumnya, kamu hanya perlu mengganti dua lapis kaca yang dipakai untuk mengapit foto menggunakan dua lembar bahan akrilik.

Bingkai foto akrilik ini juga lebih aman dan ringan, dan kamu akan mudah untuk menata dan memindah-mindahkannya.

Apabila kamu ingin merekatkan bingkai foto akrilik tersebut sebagai hiasan dinding, caranya tidak jauh berbeda seperti memasang kalender dari akrilik.

Akan tetapi, kali ini kamu perlu memastikan dua lembar akrilik tersebut terlubangi secara sejajar sehingga ketikan direkatkan dengan sekrup kedua pelapisnya bisa mengapit foto yang dipajang dengan pas.

3. Nampan dari Akrilik

Kerajinan Nampan dari Akrilik Nampan dari Akrilik Kerajinan Nampan dari Akrilik

Akrilik biasa dikenal sebagai salah satu material utama yang dimanfaatkan untuk berbagai wadah atau kotak penyimpanan, diantaranya seperti tempat menyimpan make-up dan alat tulis.

Kamu juga bisa berkreasi dengan memodifikasi tempat penyimpanan dari akrilik sesuai keinginan sendiri, salah satunya nampan transparan ini.

Para tamu yang datang ke rumahmu akan berdecak kagum jika kamu menyajikan minuman untuk mereka menggunakan nampan stylish ini.

Cara modifikasinya pun sangat sederhana, hanya dengan mengukir permukaan akrilik dengan pola atau motif yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menjiplak motifnya menggunakan pena ukir atau engraving pen pada permukaan nampan akrilik.

Atau yang paling mudah yaitu dengan melapisi bagian dalam akrilik menggunakan kertas kado. Kamu juga bisa berkreasi dengan menyusunnya secara vertikal dan bisa jadi sebuah rak display transparan.

4. Rak Tanaman Hias

Kerajinan Rak Tanaman Hias dari Akrilik Rak Tanaman Akrilik

Rak akrilik yang diletakkan di jendela ini juga bisa kamu jadikan solusi untuk koleksi tanaman hias yang disimpan di dalam ruangan, akan tapi tetap membutuhkan sinar matahari yang cukup, seperti tanaman sukulen dan kaktus.

Mempunyai fungsi yang sama dengan rak dinding, rak akrilik juga sangat cocok ditempatkan pada jendela yang mempunyai diameter kecil, karena bahan akrilik yang tidak terlalu tebal. Akan tetapi, berat beban yang ditampungnya pun terbatas.

5. Clipboard dari Akrilik

Clipboard dari Akrilik Kerajinan Clipboard dari Akrilik

Bagi kamu yang merupakan penggermar gaya interior minimalis untuk ruang kerja atau juga ruang belajar di rumah dan sedang mencari inspirasi dekor ruangan yang bisa melengkapi gaya desain tersebut, kamu dapat membuat rangkaian clipboard yang stylish dari bahan akrilik.

Caranya buatnya mudah saja, kamu hanya tinggal siapkan binder clip, pylox emas, paku kait, dan beberapa akrilik yang sudah dipotong seukuran foto polaroid.

Pylox emas akan digunakan untuk mewarnai binder clip, paku kait akan digunakan untuk menggantung clipboard akrilik. Cara memasangnya juga hanya tinggal ditancapkan ke tembok saja.

Setelah binder clip yang sudah diwarnai kering, lembaran akrilik pun langsung bisa kamu jepit. Clipboard akrilik pun tinggal digantung, dan kamu bisa memasang apapun di sana mulai dari foto, memo, sampai aksesoris.

6. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci Akrilik Kerajinan Gantungan Kunci Akrilik

Pertama akrilik dibuat menjadi sebuah benda kecil yang mempunyai bentuk bangun datar, seperti persegi, bulat, atau persegi panjang.

Setelah itu tempel dengan sebuah Ring O kemudian Raintai Swipe. Dan akhirnya, bahan akrilik seketika berubah menjadi sebuah gantungan kunci custom.

Gantungan kunci akrilik ini paling cocok untuk kamu gantungkan pada sebuah kunci, ritsleting tas, atau bahkan dompet.

Apalagi pada bagian depan dan belakang gantungan akriliknya, kamu bisa mencetak sebuah tulisan, gambar, maupun foto.

7. Plakat Akrilik

Plakat Unik dari Akrilik Plakat LED Akrilik Plakat Wisuda Akrilik

Plakat biasanya digunakan sebagai cinderamata atau penghargaan yang diberikan kepada orang yang mempunyai jasa di perusahaan, organisasi, atau orang yang memberi ilmunya dalam kegiatan seminar, workshop, atau juga talkshow.

Selain itu plakat custom dengan bahan akrilik juga bisa kamu manfaatkan sebagai media untuk mencetak foto, tulisan kenang-kenangan, dan hadiah dalam sebuah kegiatan.

Karakteristik Akrilik

Beberapa hal membuat akrilik sangat disukai banyak orang. Tidak semua bahan bisa dikatakan akrilik yang cocok untuk dijadikan kerajinan.

Berikut ini beberapa karakteristik akrilik yang sangat pas untuk dijadikan kerajinan akrilik.

  1. Bobot yang sangat ringan
  2. Daya tahannya yang kuat
  3. Lentur dan tidak mudah pecah
  4. Mudah dipotong dan dilubangi, misalnya dengan bor
  5. Kejernihannya seperti kaca
  6. Memberi kesan stylish dan modern

Akhir Kata

Seperti sudah disampaikan diatas, benda apa saja akan bisa dijadikan sebuah kerajinan yang unik apabila kita bisa melihat peluang dan memanfaatkannya.

Nah salah satunya akrilik ini, yang awalnya hanya sebagai bahan pendukung kini akrilik banyak digunakan sebagai bahan utama untuk membuat kerajinan.

Bahkan kerajinan akrilik terbaru bisa dijadikan berupa kerajinan lampu akrilik, kerajinan bunga akrilik, dan Kerajinan akrilik LED.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan akrilik ini disampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Source :

  • https://www.jumbieindustries.com/mengenal-kerajinan-akrilik-dan-cara-pembuatannya/
  • https://www.dekoruma.com/artikel/68382/kreasi-diy-dari-akrilik
  • http://www.gosign.co.id/2019/12/23/ini-dia-cara-pembuatan-kerajinan-akrilik/

Tinggalkan komentar