Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan dari Bahan Lunak

Tentunya kita sering melihat beberapa benda kerajinan yang unik dan menarik. Salah satunya benda kerajinan seperti keramik, guci, dan yang lainnya. Nah keramik dan guci merupakan salah satu kerajinan dari bahan lunak yang sering kita temui di rumah.

Proses pembuatannya juga tidak bisa sembarangan, karena membutuhkan beberapa teknik dalam membuat kerajinan dari bahan lunak ini.

Bahan lunak juga terdiri dari beberapa jenis, seperti bahan lunak alami dan bahan lunak buatan. Berikut ini beberapa jenis kerajinan bahan lunak baik dari buatan maupun alami.

Apa Itu Kerajinan Bahan Lunak

Kerajinan bahan lunak merupaakn sebuah kerajinan yang menggunakan bahan-bahan dasar yang bersifat lunak sebagai bahan utamanya. Kerajinan bahan lunak ini mempunyai dua bentuk yaitu bentuk dua dimensi dan bentuk tiga dimensi.

Pada kerajinan dua dimensi, kita hanya dapat melihat dari satu arah saja dan bentuk dua dimensi juga tidak memiliki volume. Sedangkan pada kerajinan tiga dimensi, kita dapat melihat dan menikmati dari berbagai macam sudut dan dia mempunyai volume.

Pengertian lain juga menyebutkan bahwa kerajinan bahan lunak ialah sebuah produk kerajinan yang menjadikan bahan dengan sifat lunak sebagai bahan dasar pembuatannya.

Jadi kesimpulan dari pengertian kerajinan bahan lunak ialah suatu karya atau produk seni yang dibuat dengan bahan dasar dan utamanya ialah bahan-bahan yang mempunyai tekstur lunak atau mudah dibentuk.

Kerajinan Bahan Lunak Alami

Kerajinan Bahan Lunak Alami

Bahan lunak alami merupakan bahan yang dapat diperoleh dari alam ataupun bahan lunak dari alam yang cara pengolahannya masih alami. Bahan lunak alami selain mudah untuk didapatkan, biayanya pun juga lebih terjangkau.

Berikut ini beberapa kerajinan bahan lunak yang bahan dasarnya berasal dari alam.

Bahan Lunak Alami Tanah Liat

Kerajinan Tanah Liat berbentuk Teko

Tanah liat ialah bahan lunak yang dapat digunakan untuk berbagai jenis kerajinan. Tanah liat juga terbentuk dari proses pelapukan kerak bumi. Karakteristik atau ciri-ciri dari tanah liat sendiri yaitu sulit menyerap air, memiliki tekstur tanah yang lengket apabila basah dan kuat menyatu dengan tanah jenis lain.

Maka dari itu, tanah liat ini sangat cocok untuk dijadikan bahan dasar dalam pembuatan kerajinan bahan lunak.

Tentunya kita juga sering melihat kerajinan dari tanah liat ini, diantaranya ialah gerabah, tembikar, guci, vas bunga, genteng, keramik, dan lain sebagainya.

Kerajinan dari Tanah Liat berbentuk Asbak

Kerajinan dari Tanah Liat berbentuk Vas Bunga

Bahan Lunak Alami Serat Alam

Kerainan dari Serat Alam Keset

Kerajinan serat alam merupakan suatu kerajinan yang menjadikan serat alam sebagai bahan utama dan teknik pembuatan kerajinan ini sebagian besar dibuat dengan cara menganyam.

Serat alam sendiri ialah bahan serat yang berasal dari bahan-bahan yang ada di alam, seperti dari hewan dan tumbuhan.

Contoh dari kerajinan dari serat alam ini juga mempunyai nilai jual yang tinggi, beberapa contohnya ialah tas, tempat lampu, alas meja, topi, dompet, figura dan lain-lain.

Kerajinan dari Serat Alam berbentuk Sandal

Kerajinan dari Serat Alam berbentuk Keranjang

Kerajinan dari Serat Alam untuk Perabotan

Bahan Lunak Alami Kulit

Kerajinan dari Kulit berbentuk Dompet

Kerajinan kulit ialah suatu karya kerajinan yang menggunakan bahan utama dari kulit yang sudah disamak atau disucikan, kulit mentah atau juga kulit sintetis. Biasanya karya kerajinan dari kulit terlebih dahulu diproses menggunakan teknik ukir atau teknik jahit.

Kulit hewan yang dipakai biasanya berasal dari kulit buaya, harimau, ular, sapi, dan lain-lain. Contoh kerajinan bahan lunak dari kulit antara lain seperti dompet, tas, jaket, sepatu, wayang, dan lain sebagainya.

Kerajinan dari Kulit berbentuk Sepatu

Kerajinan dari Kulit berbentuk Tas

Kerajinan Bahan Lunak Buatan

Kerajinan Bahan Lunak Buatan

Bahan lunak buatan merupakan suatu bahan yang didapatkan melalui beberapa tahap-tahap proses sehingga menjadi bahan lunak yang bisa dibentuk menjadi benda kerajinan. Bahan lunak buatan juga cenderung lebih mahal dibandingkan dengan bahan alami karena pembuatannya menggunakan bahan-bahan kimia.

Bahan Lunak Buatan Gips

Kerajinan dari Gips berbentuk Patung

Kerajinan gips merupakan sebuah kerajinan yang menjadikan bahan baku gips sebagai bahan utamanya. Gips merupakan bahan mineral yang tidak larut atau hancur dengan air dalam waktu yang cukup lama apabila sudah menjadi padat.

Gips mengandung beberapa zat-zat sepeerti jenis hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral seperti, karbonat, nitrat, borat, dan sulfat yang terlepas.

Maka dari itu gips dalam proses pengerasannya akan terasa panas. Agar dapat terbentuk sesuai dengan apa yang kita inginkan, prosesnya harus dicairkan terlebih dahulu, diharuskan membuat model terlebih dahulu baru dicetak menggunakan cetakan.

Contoh kerajinan yang berbahan dasar gips antara lain ialah hiasan dinding dan mainan.

Kerajinan dari Gips berbentuk Patung Ikan

Kerajinan dari Gips berbentuk Kepala

Kerajinan dari Gips berbentuk Hiasan Atap Rumah

Bahan Lunak Buatan Lilin

Kerajinan Bahan Lunak Lilin

Kerajinan lilin merupakan suatu produk kerajinan yang berbahan dasar lilin. Pembuatan kerajinan berbahan dasar lilin juga cukuplah sederhana dan mudah, dan bisa dilakukan oleh semua orang.

Bila kita ingin membentuknya menjadi suatu produk kerajinan yang unik dan menarik atau seperti di inginkan, terlebih dahulu harus mencairkannya dengan proses pemanasan di atas api.

Kemudian lilin yang sudah mencair tersebut tinggal di cetak menggunakan tempat atau cetakan yang di inginkan. Teknik pembuatan kerajinan lilin ini biasanya menggunakan teknik ukir dan teknik cetak.

Kerajinan Bahan Lunak Buatan Lilin

Kerajinan dari Lilin untuk Hiasan

Kerajinan Bahan Lunak dari Lilin

Bahan Lunak Buatan Sabun

Kerajinan Bahan Lunak dari Sabun

Produk kerajinan bahan lunak buatan juga ada yang berbahan dasar dari sabun. Hasil karya kerajinan dari sabun juga tidak kalah unik dan menarik. Karya kerajinan ini bisa dijadikan hiasan di rumah dengan cara diukir menyerupai bentuk-bentuk yang diinginkan.

Kerajinan dari Bahan Lunak Sabun berbentuk Bunga

Kerajinan dari Bahan Lunak Sabun berbentuk Naga

Bahan Lunak Buatan Clay

Kerajinan Bahan Lunak Buatan Clay

Polimer clay adalah salah satu tanah liat yang dapat mengeras dan mengandung bahan dasar polymer polyvinyl chloride. Walaupun sebenarnya tidak ada kandungan tanah liat di dalamnya sama sekali namun PVC ini memiliki sifat yang sama dengan tanah liat dan mudah dibentuk.

Polimer clay juga akan mengeras apabila dipanaskan. Selain itu polimer clay bisa diwarnai sesuai dengan yang diinginkan, maka dari itu sangat cocok untuk dijadikan sebagai benda kerajinan.

Agar hasil menjadi rapi dan indah, ada beberapa cara dalam membuatnya, seperti membuat bentuk-bentuk yang kecil dengan detail. Membuat kerajinan dari clay ini bisa menggunakan alat bantu cetakan yang biasanya dijual di toko-toko.

Kerajinan Bahan Lunak Clay

Kerajinan Bahan Lunak Clay berbentuk Boneka

Kerajinan Bahan Lunak Clay berbentuk Boneka Lucu

Kerajinan Bahan Lunak Clay berbentuk Boneka Hewan

Cara Membuat Kerajinan Bahan Lunak

Cara Membuat Kerajinan Bahan Lunak

Ada beberapa teknik dalam membuat kerajinan dari bahan lunak ini antara lain ialah.

Mengukir

Teknik mengukir ialah kegiatan memahat, menggores, serta menoleh pola pada permukaan benda yang akan diukir.

Biasanya teknik ini juga dilakukan pada kerajinan berbahan kayu, namun teknik ini juga bisa digunakan pada bahan lunak seperti lilin atau juga sabun padat.

Menganyam

Pada teknik menganyam ini biasanya akan sering digunakan dalam membuat suatu karya kerajinan bahan lunak dengan karakteristik tertentu.

Menenun

Teknik menenun ini pada dasarnya sama saja dengan teknik menganyam, yang membedakannya hanyalah pada alat yang dipakai.

Pada teknik menganyam, kita hanya cukup melakukannya menggunakan tangan hampir tanpa menggunakan alat bantu apapun.

Sedangkan pada kerajinan menenun menggunakan alat yang biasa disebut dengan langsing atau pakan.

Membentuk

Teknik membentuk ini juga mempunyai beberapa cara, antara lain.

  • Teknik Memutar

Pada teknik ini biasanya akan menggunakan alat putar yang dapat menghasilkan banyak sekali bentuk yang simetris, bulat serta silindris dan bervariasi. Teknik memutar ini juga sering sekali dipakai oleh para pembuat keramik.

  • Teknik Coil (Lilit Pilin)

Proses pembentukan pada teknik coil ini, caranya hanya cukup menggunakan tangan langsung di pijat dengan jari dan pembentukannya pun sesuai dengan apa yang diinginkan.

  • Teknik Cetak

Pada teknik cetak ini terdapat dua cara pembentukan untuk suatu kerajinan dari bahan lunak, yaitu : sekali cetak atau crie verdue dan cetak berulang atau bivalve.

  • Teknik Bordir

Membordir adalah suatu hiasan dari benang agar dibordir pada kain. Kata lain yang hampir sama dengan kata membordir ialah sulam.

Manfaat dari Kerajinan Bahan Lunak

Manfaat dari Kerajinan Bahan Lunak

Beberapa manfaat dari kerajinan bahan lunak antara lain ialah.

Fungsi Hiasan

Fungsi kerajinan bahan lunak sebagai benda hias dibuat hanya untuk dijadikan pajangan dan hiasan atau elemen estetis yang lebih mengutamakan aspek  keindahan dibandingkan kegunaanya.

Contoh dari kerajinan bahan lunak dengan fungsi ini yang ini antara lain seperti guci, patung, dan lain sebagainya.

Fungsi Pakai

Produk yang dihasilkan dari kerajinan ini mempunyai fungsi pakai, dan biasanya dipakai sebagai alat, wadah ataupun perlengkapan busana.

Sebagai benda pakai, dalam pembuatan produk kerajinan biasanya akan lebih memprioritaskan kegunaannya, sedangkan keindahan atau estetika hanya sebagai elemen pendukung.

Fungsi Ekonomis

Ternyat selain memiliki seni yang tinggi, kerajinan ini juga memiliki nilai ekonomis. Membuat karya kerajinan dan mampu berinovasi, dapat menjadi sebuah pekerjaan yang menyenangkan, dan tentunya bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

Karya seni yang mempunyai nilai artistik yang tinggi bisa laku dengan harga yang fantastis. Tentunya kerajinan ini bisa menjadi sumber penghasilan juga nantinya.

Karakteristik Kerajinan Bahan Lunak

Bahan lunak sebagai bahan dasar dalam pembuatan kerajinan juga mempunyai karakteristik antara lain.

  1. Mudah dibentuk.
  2. Tanpa memerlukan alat yang banyak saat membuatnya.
  3. Bahan lunak sangat mudah terurai oleh tanah.
  4. Bahan lunak bisa didapatkan dari alam yang berada disekitar dan tentunya tidak membutuhkan banyak biaya.
  5. Mudah disesuaikan dengan alam sekitar, artinya karya yang dihasilkan tersebut dari bahan lunak tidak akan mudah hancur sesuai dengan alam sekitar.

Prinsip Kerajinan Bahan Lunak

Bahan lunak sebagai bahan kerajinan juga mempunyai prinsip-prinsip antara lain ialah.

Prinsip Keterampilan Tangan, pada bagian ini tahapan pembuatan kerajinan hanya akan menggunakan tangan-tangan yang handal sebagai tenaga manual dalam proses pembuatan kerajinan, walaupun kerajinan yang diperlukan banyak.

Prinsip Keterampilan Teknik, dalam prinsip ini proses pembuatan kerajinan akan dilakukan secara terus menerus berdasarkan pada kecakapan teknik. Biasanya kerajinan yang dihasilkan juga memiliki ciri khas tertentu, detail, dan terkesan yang rumit.

Prinsip Tradisional, dalam prinsip ini proses pembuatan kerajinan yang dibuat akan lebih mengutamakan nilai guna yang mempunyai sifat umum, akan tetapi masih dipengaruhi dengan nilai-nilai tradisional maupun adat istiadat.

Akhir Kata

Kerajinan bahan ini akan mempunyai nilai jual yang tinggi karena bentuknya yang unik dan menarik. Selain digunakan sebagai benda hias, kerajinan dari bahan lunak juga bisa digunakan untuk beberapa keperluan.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan bahan lunak, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Source:

  • https://www.sumberpengertian.id/pengertian-kerajinan-bahan-lunak-beserta-jenis-dan-contohnya
  • https://bukabukumu.com/kerajinan-bahan-lunak/
  • https://ngertiaja.com/kerajinan-bahan-lunak/

Kerajinan Bahan Keras

Gustianysah
6 min read

Kerajinan Keramik

Gustianysah
4 min read

Kerajinan Getah Nyatu

Gustianysah
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *