Kerajinan dari Batok Kelapa

Kumpulan Kerajinan Tangan dari Tempurung Kelapa

Kerajinan merupakan salah satu seni yang menitik beratkan keindahan sebagai fungsi utama yang diperlihatkan. Ada beberapa bahan dasar dalam membuat kerajinan, salah satunya ialah kerajinan dari batok kelapa.

Kerajinan dari batok kelapa ini sangatlah banyak peminatnya. Selain bahan yang mudah dicari, kerajinan dari bahan ini juga sangat indah dilihat dan sangat cocok dijadikan hiasan di dalam ruangan.

Kerajinan dari batok kelapa apabila dijadikan hiasan akan menambah nilai estetika alami, karena warna cokelatnya yang seolah-olah menyatu dengan alam.

Berikut ini beberapa penjelasan mengenai kerajinan dari batok kelapa dan beberapa contoh kerajinan yang bisa kamu jadikan referensi untuk mempercantik tampilan rumahmu.

Manfaat Batok Kelapa

Manfaat Tempurung Kelapa

Selain cocok untuk dijadikan hiasan, batok kelapa juga mempunyai nilai ergonomis atau nilai pakai. Tempurung kelapa mempunyai beberapa manfaat yang dapat digunakan disamping sebagai hiasan dalam ruangan maupun luar ruangan.

Berikut ini beberapa manfaat yang ada dari batok kelapa.

  1. Menjadi bahan pengawet untuk makanan
  2. Menjadi obat penyakit diabetes
  3. Mengobati keracunan
  4. menurunkan kolesterol
  5. Menjadi anti racun hewan
  6. Mengobati inflamasi atau peradangan
  7. Membantu menyembuhkan luka
  8. Membantu Proses pencernaan
  9. Membantu menghentikan diare
  10. Menjernihkan Air
  11. Mencegah Berbagai Penyakit
  12. Menjadi Bahan Pupuk Organik
  13. Menjadi Bahan Obat Nyamuk
  14. Menjadi Bahan Kabel Listrik
  15. Mencegah mabuk
  16. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mempercantik Kulit
  17. Untuk Pembuatan Briket Arang

Kumpulan Kerajinan dari Batok Kelapa

Kumpulan Kerajinan Tangan dari Tempurung Kelapa

Batok kelapa ini sangat cocok dijadikan hiasan untuk mempercantik rumah maupun penampilan. Selain nilai estetika, nilai ergonomis dari batok kelapa juga sangat pas untuk dijadikan hiasan.

Tas Tradisional dari Batok Kelapa

Tas Tradisional

Bisa juga dibuat untuk kerajinan tas, tas tersebut terbuat dari batok kelapa yang sudah dipisahkan dengan daging kelapanya. Kerajinan tas ini biasanya diperjual belikan di daerah Yogyakarta.

Kerajinan Lampu Hias dari Batok Kelapa

Lampu Hias

Butuh keterampilan khusus dan juga kemauan tinggi untuk membuat barang bernilai seni tinggi. Salah satunya ialah menyulap tempurung kelapa menjadi lampu hias yang cantik. Uniknya, hiasan ini akan menggunakan seluruh bagian batok kelapa dan bahan-bahan ramah lingkungan dan mudah ditemukan lainnya.

Bahan yang digunakan ialah satu tempurung kelapa utuh dan tatakan kayu dengan ukuran 12 x 12 cm. Siapkan juga kawat besi dengan panjang 30 cm dan tali anyaman yang berasal dari pelepah pisang. Terakhir siapkan kabel dan lampu tidur warna warni yang berukuran kecil.

Cara membuatnya, amplas tempurung kelapa yang sudah disiapkan menggunakan amplas hingga halus. Buatlah pola dengan pensil pada permukaan batok kemudian lubangi bagian atas tempurung kelapa menggunakan gergaji besi. Ini nantinya akan dijadikan tempat lampu.

Kemudian tancapkan sebuah kawat pada tatakan kayu yang sudah disediakan tadi. Lalu pasang kabel serta lampunya di tatakan kayu tersebut. Balut dengan lilitan tali pelepah pisang, agar terlihat cantik seperti batang kayu. Pasang batok kelapa dengan posisi menggantung layaknya buah pada kawat.

Yang terakhir ialah Cat tempurung kelapa dengan pernis bening agar terlihat mengkilap dan menambah keindahan dari lampu hias.

Mangkok Cantik dari Batok Kelapa

Mangkok Cantik

Nah kerajinan yang satu ini akan sangat berguna sekali untuk digunakan dirumahmu. Pasti kalau makanan berkuah kita membutuhkan mangkok sebagai wadah dari makanan tersebut. Mangkok dari tempurung kelapa ini bisa lho kamu buat dirumah untuk kamu jadikan wadah.

Kamu hanya membutuhkan gergaji besi dan amplas halus. Jangan lupa sediakan pula mineral oil dan kuas kecil.

Untuk membuatnya kamu bisa mulai dengan memotong tempurung kelapa jadi dua bagian dengan gergaji. Nah pada saat memotong, ukurannya harus dengan perbandingan 60-40. Bagian 60 akan digunakan sebagai mangkok, sementara 40nya akan digunakan sebagai kaki dasar mangkok.

Amplas bagian luar dan bagian dalam batoknya agar menjadi bersih dan lebih halus. Semprot dengan bahan foodgrade yang aman dipakai untuk makanan seperti mineral oil. Lalu keringkan dan mangkok pun siap dipakai.

Kerajinan Asbak Rokok dari Batok Kelapa

Asbak Rokok

Asbak Kreatif

Bagi orang yang kreatif, tempurung kelapa bisa dijadikan sejuta barang yang bermanfaat. Bahkan bisa juga menghasilkan pundi-pundi uang jika cerdas dalam memanfaatkannya. Salah satu yang lumayan mudah dalam membuatnya ialah asbak rokok.

Bahan dan alat yang diSiapkan ialah sebutir tempurung kelapa, gergaji besi, dan baut. Jangan lupa juga siapkan amplas, cat, dan bor kayu.

Cara membuatnya ialah ambil tempurung kelapa lalu diamplas sampai bersih dan halus. Belah tempurung kelapa menjadi dua namun tak sama besar dan amplas bagian dalam tempurung kelapa.

Bagian yang besar akan kita jadikan penampung abu rokok, dan bagian kecil akan dijadikan kaki asbak.

Kemudian Lubangi bawah tempurung kelapa dengan bor lalu sambungkan bagian kaki dan asbaknya menggunakan baut. Warnai asbak sesuai dengan selera dan kemudian keringkan. Asbak batok kelapa siap digunakan.

Cangkir Minum dari Batok Kelapa

Cangkir Minum

Selain mangkok cantik, batok kelapa juga bisa dijadikan cangkir minum yang keren. Proses membuatnya memang sedikit sulit karena batoknya keras, namun akan terlihat cantik jika sudah jadi.

Bahan dan alat yang kamu butuhkan ialah tempurung kelapa dan kayu untuk dijadikan gagang. Kemudian siapkan juga gergaji dan amplas serta kuas. Jangan lupa siapkan lem kayu dan mineral oil juga.

Cara membuatnya ialah potong batok sekira 60 persen dari batok kelapa yang utuh. Lalu amplas bagian dalamnya dan bersihkan serta haluskan juga hingga mulus.

Kemudian buat kaki cangkir dari sisa potongan batok yang ada. Rekatkan bagian kaki dan cangkirnya menggunakan lem. Jangan lupa tempelkan juga gagang dari kayu yang sudah disiapkan tadi.

Biarkan kering terlebih dahulu baru kemudian gunakan mineral oil agar cangkir dari batok kelapa terlihat lebih menarik. Mineral oil merupakan bahan kimia yang aman jika digunakan pada bagian yang akan dipakai untuk menaruh makanan dan minuman

Kerajinan Perahu Layar dari Batok Kelapa

Perahu Layar

Tentunya apabila kita berkunjung kerumah sanak saudara, seringkali kita temukan kerajinan perahu layar dari batok kelapa ini. Ternyata cara membuatnya lumayan mudah lho, bahkan kamu bisa coba dirumah.

Awalnya kamu harus siapkan batok dan sabut kelapa. Lalu siapkan juga bambu, lem kayu, pernis kayu, dan kertas pasir. Jangan lupa kamu juga butuh gergaji besi untuk memotong tempurng kelapa. Potong-potong tempurung kelapa jadi bagian bagian kapal. Kemudian pilin sabut kelapa untuk dijadikan tali.

Kikis dan haluskan batang bambu untuk dijadikan bagian tiang kapal. Buat lubang pada batok guna tempat tegaknya tiang kapal. Bersihkan batok kelapa dengan kertas pasir atau amplas.

Rangkai kapal sesuai dengan bentuk keinginan kamu lalu pernis seluruh bagian kapal agar terlihat cantik. Setelahnya, silakan rekatkan seluruh bagian kapal menggunakan lem. Hias kapalnya dengan tali sabut kelapa yang sudah disiapkan dan pajangan perahu layar pun siap.

Celengan dari Batok Kelapa

Celengan

Biasanya kerajinan celengan dibuat dari bahan tanah liat. Tapi ternyata celengan juga bisa dibuat menggunakan batok kelapa lho.

Kamu akan membutuhkan batok kelapa, kertas pasir, cat kayu, dan stiker. Cara membuatnya dimulai dengan lubangi batok kelapa sedikit dibagian atas. Lalu Cat batok kelapa dan tunggu hingga kering. Kemudian tempel stiker sesuka hati dan Celengan menarik pun siap digunakan.

Tempat Tisu dari Batok Kelapa

Tempat Tisu

Mungkin kamu bosan dengan model tempat tisu yang seperti itu-itu saja. Nah coba kamu hiasi tempat tisumu dengan batok kelapa. Batok kelapa akan menjadikan tempat tisumu terlihat menarik dan cantik.

Kamu harus menyiapkan tempat tisu dari kardus dan anyaman tali dari pelepah pisang. Lalu siapkan juga pisau, amplas, dan pernis serta lem kayu.

Cara membuatnya, pertama hilangkan serabut yang masih tersisa pada batok kelapa lalu bersihkan dan haluskan permukaan batoknya dengan amplas. Pecahkan batok kelapa menjadi potongan-potongan kecil.

Bentuknya bebas, boleh acak. Kemudian pernislah semua pecahan batok tersebut, lalu tempel pecahan batok pada tempat tisu menggunakan lem kayu. Terakhir, beri hiasan tali anyaman dari pelepah pisang untuk menambah nilai keindahan dari tempat tisu.

Gantungan Kunci dari Batok Kelapa

Gantungan Kunci

Gantungan Kunci Love

Tempurung kelapa ternyata bisa dijadikan hiasan gantungan kunci seperti, kunci rumah, kunci motor, atau gantungan kunci lainnya. Membuatnya pun tidak terlalu sulit.

Sediakan pisau dan amplas, siapkan juga gergaji kayu dan mesin bor. Jangan lupa pernis dan kuas. siapkan juga batok kelapa dan pensil.

Bersihkan serabut yang masih menempel pada tempurun kelapa. Kemudian batok kelapa diamplas sampai bersih dan halus.

Buatlah sebuah pola menggunakan pensil pada batok kelapa. Kemudian potong bagian pola sudah dibuat dengan gergaji. Lubangi ujung batok dengan mesin bor sebagai tempat gantungannya. Pernis gantungan tersebut dan biarkan kering. Gantungan kunci pun siap dipakai.

Kancing Baju dari Batok Kelapa

Kancing Baju

Untuk kamu yang kreatif ternyata batok kelapa juga bisa dijadikan kancing baju. Cara membuatnya memang sedikit sulit, butuh ketelitian karena kancing baju yang relatif kecil.

Siapkan beberapa alat dan bahan seperti batok kelapa, ampelas, dan pernis. Siapkan juga alat seperti, mesin bor, pisau, gergaji, da kuas.

Cara membuatnya ialah bersihkan batok kelapa menggunakan pisau. Kemudian amplas hingga bersih dan halus batok kelapa. Lalu buat pola kancing pada batok yang ada, potonglah batok kelapa sesuai pola yang sudah dibuat.

Buat 2 lubang pada bagian tengah kancing, untuk tempat benang. Dan terakhir pernis kancing dan kemudian tunggu hingga kering. Kancing dari batok kelapa siap digunakan.

Teko Air dari Batok Kelapa

Teko Air

Terkadang kita ragu dalam menggunakan teko yang terbuat dari bahan plastik atau besi. Bahan yang terkandung di dalamnya apakah aman atau tidak bagi tubuh kita. Nah bagi kamu yang mempunyai keraguan itu bisa batok kelapa dijadikan referensi bahan untuk membuat teko.

Pertama siapkan bahan dan alat seperti dua batok kelapa, kayu untuk gagang, dan lem kayu. Siapkan juga mesin bor, amplas, pisau, dan mineral oil.

Cara membuatnya, pertama kamu harus bersihkan batok kelapa menggunakan pisau hingga bersih. Lalu belah dua tempurung dengan perbandingan 70-30. bagian 30 akan kita jadikan tutup teko dan 70nya akan dijadikan kaki teko.

Kemudian amplas hingga bersih semua batok kelapa hingga halus. Jangan lupa untuk membuat gagang dan saluran untuk air keluar pada teko. Tempelkan semua bagian menggunakan lem yang sudah disiapkan.

Untuk mempercantik tampilan teko pernis teko dan warnai sesuai dengan selera kamu. Tunggu hingga kering dan teko dari batok kelapa pun siap digunakan.

Tempat Pensil

Tempat Pensil dari Tempurung Kelapa

Bross untuk Hijab

Bross untuk Hijab dari Tempurung Kelapa

Jam Unik

Jam Unik dari Tempurung Kelapa

Mainan Kreatif

Mainan Kreatif dari Tempurung Kelapa

Vas Bunga

Vas Bunga dari Tempurung Kelapa

Helm Kreatif

Helm Kreatif dari Tempurung Kelapa

Lonceng Angin

Lonceng Angin dari Tempurung Kelapa

Akhir Kata

Memang kelapa merupakan jenis pohon yang sangat bermanfaat mulai dari batang pohon hingga akarnya. Dan salah satunya ialah batok dari kelapa yang bisa dijadikan beberapa kerajinan yang telah dijelaskan diatas. Kreatifitas itu muncul apabila kita ada kemauan dalam membuatnya.

Demikian penjelasan mengenai kerajinan dari batok kelapa ini disajikan, semoga dapat bermanfaat dan menginspirasi kita semua sehingga kita terus bisa berkarya.

Kerajinan Bahan Keras

Gustianysah
6 min read

Kerajinan Keramik

Gustianysah
4 min read

Kerajinan Getah Nyatu

Gustianysah
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *