Pengertian Seni

Pengertian Seni

Mengenai seni mungkin sudah sering kita dengar. Pengertian seni adalah sesuatu hal mengenai ekspresi dari perasaan manusia yang mengandung unsur estetika atau keindahan yang diungkapkan pada suatu media yang bersifat nyata, dan bisa dirasakan oleh panca indera manusia.

Kini seni menjadi salah satu bagian dalam kehidupan manusia, sehingga tidak dapat terpisahkan sampai saat ini.

Untuk lebih jelasnya mengenai apa itu seni, tujuan, fungsi dan macam-macamnya, berikut ini ulasannya.

Pengertian Seni Secara Umum

Kata seni merupakan bahasa Sansekerta yaitu “Sani” yang mempunyai arti sebuah persembahan, pelayanan atau pemujaan. Dengan kata lain, seni mempunyai hubungan erat dengan upacara adat atau keagamaan yang sering kita kenal dengan sebutan kesenian daerah.

Padma Pusphita pernah berpendapat, istilah seni merupakan bahasa Belanda yaitu “Genie” yang memiliki arti genius.

Seni merupakan kemampuan yang sudah ada sejak lahir pada diri manusia, atau bisa disebut dengan bakat. Sedangkan dalam bahasa Inggris sendiri seni disebut dengan “Art” yang berarti art visual atau seni rupa.

Jadi kesimpulannya bahwa pengertian seni secara umum adalah suatu produk yang mempunyai unsur keindahan yang diciptakan oleh manusia yang dapat membawa kesenangan.

Jadi seni sengaja diciptakan manusia dengan unsur keindahan yang terkandung, agar dapat mempengaruhi perasaan dirinya maupun orang lain.

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Pengertian Seni Menurut Para Ahli

Karena banyaknya arti seni, beberapa ahli juga berpendapat mengenai pengertian dari seni. Berikut ini pengertian seni menurut para ahli:

1. Aristoteles

Pendapat Aristoteles seni adalah meniru alam yang pada dasarnya bentuk atau cara pengungkapan dan penampilannya tidak dapat menyimpang dari kenyataan.

2. Plato

Pengertian seni merupakan hasil tiruan alam dan segala isinya (ars imitator naturam).

3. Herbert Read

Seni yaitu dari sebuah ekspresi dari hasil pengamatan dan pengalaman yang dicampurkan dengan perasaan, aktivitas dan psikologis kedalam sebuah karya.

4. Thomas Munro

Menurutnya definisi seni adalah alat buatan manusia yang dapat menyebabkan efek-efek psikologis atas manusia lain yang dapat melihatnya.

5. Leo Tolstoy

Pengertian seni yaitu ungkapan perasaan dari pencipta lalu diungkapkan kepada orang lain dengan harapan mereka yang melihat atau mendengar dapat merasakan apa yang dirasakan oleh penciptanya.

6. Sudarmaji

Sudarmaji berpendapat pengertian seni yaitu manifestasi batin dan pengalaman estetis dari manusia dengan memakai media garis, bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

7. Ki Hajar Dewantara

Seni adalah suatu hal yang memiliki keindahan yang dapat mempengaruhi perasaan siapa saja yang melihatnya, dan seni adalah perbuatan manusia yang dapat mempengaruhi dan menimbulkan perasaan indah.

8. Alexander Baum Garton

Menurutnya seni adalah keindahan suatu hal yang mempunyai tujuan yang positif menjadikan penikmatnya dapat merasa dalam kebahagiaan.

9. Drs. Popo Iskandar

Drs. Popo Iskandar berpendapat pengertian seni yaitu hasil dari ungkapan emosi yang ingin disampaikan seseorang kepada orang lain dalam kesadaran hidup yang bermasyarakat/berkelompok.

10. Immanuel Kant

Menurut Immanuel Kant, definisi seni adalah sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

11. Hilary Bel

Pengertian seni menurut Hilary Bel yaitu sebuah istilah yang digunakan pada semua karya yang bisa menggugah hati untuk mencari tahu siapa yang menciptakan.

12. Eric Ariyanto

Seni adalah aktivitas rohani atau batin yang direfleksikan pada bentuk karya dan bisa membangkitkan perasaan bagi seseorang yang melihat atau mendegarkannya.

13. Ensiklopedi Indonesia

Menurut Ensiklopedi Indonesia, pengertian seni yaitu terciptanya suatu hal yang mempunyai keindahan, karena keindahan tersebut orang menjadi senang ketika melihat atau mendengarnya.

Tujuan Seni

Seni diciptakan dengan tujuan yang sangat beragam. Untuk mencari uang, untuk kepentingan bersama, dan lain sebagainya. Berikut tujuan seni:

  • Mengembangkan kreativitas: Dengan adanya seni, manusia dapat mengembangkan kemampuannya untuk bisa menciptakan sesuatu yang lebih sempurna.
  • Mengembangkan kemampuan untuk berapresiasi: Orang yang biasanya menghayati seni dapat memiliki kemampuan untuk mengetahui nilai-nilai budaya dan seni.
  • Mengembangkan keterampilan: Keterampilan teknis pada karya seni bisa juga untuk mengembangkan keterampilan dalam pekerjaan lain dan terampil untuk menggapai kesulitan dan hambatan.
  • Mengembangkan kepribadian: Seniman baik selalu mempunyai karya seni yang begitu khas/ unik seperti kepribadiannya.

Fungsi Seni

Seperti yang sudah dibahas diatas mengenai dari pengertian seni, fungsi seni secara umum yaitu sebagai bentuk dari penyampaian ekspresi pada seseorang dan lingkungannya.

Disini fungsi seni bisa dibedakan dalam dua hal, yaitu fungsi seni bagi indiidu dan fungsi seni bagi sosial.

1. Fungsi Seni Secara Individu

Untuk individu, seni memiliki fungsi untuk alat pemenuh kebutuhan mereka. Adapun bentuk kebutuhan tersebut diantaranya:

  • Seni Sebagai Alat Pemenuhan Kebutuhan Fisik

Pada dasarnya manusia adalah mahluk yang memiliki kecakapan untuk memberi apresiasi untuk keindahan dan penggunaan berbagai benda.

Untuk proses dalam pemenuhan kebutuhan fisik ini, para seniman memiliki peranan sangat penting untuk dapat menciptakan berbagai benda-benda yang memiliki nilai seni sebagai pemuasan kebutuhan fisik dan dapat memberikan kenyamanan bagi orang.

  • Seni Sebagai Alat Pemenuhan kebutuhan Emosional

Emosi yang dimaksud adalah perasaan pada diri manusia, baik itu perasaan senang, marah, sedih, haru, cinta, benci, dan lain-lain. Tentunya semua orang pasti pernah meluapkan perasaan pada diri mereka agar kondisi kejiwaan tetap normal.

Agar memenuhi kebutuhan emosional, dibutuhkan dorongan dari luar dirinya. Misal saja,orang yang memiliki jiwa seni dan estetika maka mengungkapkan emosinya bisa melalui musik atau lukisan.

Selain itu ketika seseorang sedang stress, biasanya membutuhkan waktu untuk rekreasi, nonto bioskop atau hal lainnya agar dapat meredahkan tekanan jiwa.

2. Fungsi Seni Bagi Sosial

Manusia merupakan mahluk sosial yang mempunyai kebutuhan akan interaksi dengan orang lain dan lingkungannya. Ternyata seni juga berfungsi untuk media sebagai pemenuhan akan kebutuhan sosial.

  • Seni Sebagai Media Agama/ Kepercayaan

Punya peranan penting untuk menyampaikan pesan yang religius kepada manusia. Hal tersebut bia dilihat dari pakaian, upacara pernikahan, upacara kematian, lagu rohani, kaligrafi, dan lain-lain.

Mengenai contoh dari fungsi seni dalam agama yaitu bisa dilihat pada Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Terdapat ilustrasi dari kitab suci agama Budha dan Hindu yang terdapat pada dinding-dinding candi.

  • Seni Sebagai Media Pendidikan

Seni juga mempunyai peran yang begitu penting pada dunia pendidikan. Pendidikan tersebut dikelompokkan menjadi tiga kategori:

  1. Pendidikan formal: Pendidikan di lingkungan sekolah.
  2. Pendidikan non formal: Pendidikan di lingkungan masyarakat.
  3. Pendidikan informal: Pendidikan di lingkungan keluarga.

Melalui seni, individu dapat belajar mengenai nilai-nilai dan ilmu pengetahuan dengan cara yang asik dan menyenangkan.

Misal saja seorang siswa yang sedang belajar musik atau drama, dimana hal tersebut dapat mengekspresikan diri mereka kepada orang lain.

  • Seni Sebagai Media Informasi

Dengan seni kita juga dapat menjelaskan sesuatu hal kepada orang lain dengan cara yang menyenangkan. Misalnya menggunakan poster yang mempunyai nilai seni dimana pada poster tersebut mengandung sebuah informasi tentang bahayanya merokok, pentingnya sebuah imun, dan bisa juga penyampaian mengenai program dari pemerintah.

  • Seni Sebagai Media Hiburan

Pada seni yang ini berkaitan dengan hiburan yang didalamnya mengandung unsur seni dimana para pelaku seni bisa mengekspresikan diri secara aktif atau pasif.

Seniman juga bisa senang, marah, terharu, ketika karyanya disukai atau tidak disukai orang lain.

Begitupun individu yang sedang mendengar, melihat, merasakan sebuah karya seni. Manusia bisa merasa terhibur ketika melihat sebuah lukisan, menonton bioskop, atau menonton sebuah konser musik.

  • Seni Sebagai Media Komunikasi

Seni sebagai media komunikasi, terdapat pada wayang kulit, pagelaran teater, ataupun tarian daerah, yang dapat digunakan sebagai kritik atau penyampaian sebuah pesan moral. Seni tersebut bisa disampaikan oleh masyarakat ataupun para pelaku seni lainnya dengan tujuan untuk menunjukan suatu gagasan tertentu.

  • Seni Sebagai Keindahan

Pada penjelasan ini, seni tersebut bisa digunakan untuk melengkapi keindahan dari kebutuhan rumah melalui berbagai furniture.

Bisa untuk menuangkan ekspresi dan kreatifitas, seni yang digunakan untuk perlengkapan peralatan suatu benda pada rumah dapat menunjukkan kecintaan ataupun minat terhadap aspek keindahan tertentu.

  • Seni Sebagai Media Kesehatan

Mungkin terdengar sangat aneh, mengenai apa hubungannya seni dengan kesehatan. Namun ternyata ada benarnya, sebuah seni misalkan musik ternyata bisa membantu seseorang untuk mengobati para openderita gangguan physic dengan pengobatan terapi musik.

Gangguan physic tersebut misalnya berupa penyakit autisme, gangguan psikologis, ataupun trauma atau phobia yang berlebihan terhadap sesuatu.

Berdasarkan hasil survey sendiri membuktikan, seni musik bisa menghasilkan gelombang alfa yang bisa membantu untuk memenangkan jaringan neuron pada otak yang berguna untuk mempertajam pikiran seseorang.

Sifat Dasar Seni

Sifat dasar seni secara tidak langsung dapat mengikuti karya yang diciptakan menjadi sebuah karakter seperti seni sesuai pada mestinya.

Sehingga sifat dasar seni ini begitu menempel pada setiap karya seni yang dibuat. Sifat dasar seni memiliki ciri khas yang begitu unik. Berikut adalah penjelasan dari kelima sifat dasar seni:

  • Universal: Seni dapat berkembang ke seluruh dunia dan bisa dimengerti atau dipahami oleh banyak orang.
  • Individual: Meski mempunyai sifat Universal , ternyata setiap pada karya seni mempunyai ciri khas individual seniman sampai suatu kelompok dalam penciptaan atau penyampaiannya.
  • Ekspresif: Seni bisa menyampaikan sebuah ekspresi dari seniman dan penikmatnya sendiri, kedua pihak akan memiliki ekspresi unik sendiri ketika berinteraksi dengan seni.
  • Kreatif: seni yaitu penciptaan hal-hal yang baru, rekonstruksi atau saduran orisinal alami dari penciptanya.
  • Abadi: Seni akan terus hidup baik dan akan tetap utuh, melalui peninggalan artefak yang berhasil dijaga keutuhannya, maupun melalui cercahan kecil oleh seniman generasi penerus.

Macam-Macam Seni

Macam Macam Seni

Seni ternyata bisa dinikmati melalui media pendengaran (audio art), penglihatan (visual art), dan kombinasi keduanya (audio visual art). Umumnya seni bisa dibedakan menjadi beberapa kelompok, yaitu:

Seni Rupa

Seni rupa menjadi salah satu cabang dari kesenian yang memiliki wujud pasti dimana memanfaatkan unsur rupa yang diekspresikan melalui bentuk gambar seperti, lukis, patung, grafis, kerajinan tangan, kriya, multimedia, dan lain-lain.

Seni Musik

Seni musik menjadi karya seni yang unsur utamnnya menggunakan bunyi. Selain itu, di dalam musik terdapat juga unsur lain seperti harmonisasi, melodi, dan notasi. Seni musik telah tumbuh dan berkembang sejak zaman dahlu sampai saat ini.

Selain itu, suara musik juga bisa dihasilkan dari manusia, contohnya seperti akapela atau beatbox.

Seni Tari

Seni tari adalah bentuk seni yang diciptakan manusia yang menggunakan gerakan tubuh sebagai bentuk keindahan. Gerakan pada tari memiliki fungsi sebagai media menyampaikan maksud tertentu melalui gerakan tarian.

Keindahan dari seni tari ini terletak pada kebahagian, kepuasan dari gerakan, peraga, penikmat atau penonton.

Umumnya seni tari digabungkan dengan seni musik. Karena konsentrasi dan konsisten gerakan pada tarian menjadi lebih sempurna pesan dan perasaan.

Seni Sastra

Bentuk seni sastra dapat dinikmati melalui media pendengaran dan penglihatan. Melalui seni sastra dapat menggambarkan suatu keindahan dalam bentuk kata-kata, seseorang dapat menyampaikan sebuah pesan dan kesan degan cara yang indah.

Contoh seni sastra misalnya puisi (suara) dan kaligrafi (tulisan).

Seni teater

Mewujudkan imajinasi atau menggambarkan buah pikir seseorang menjadi bentuk seni dari seni teater. Hasil dari imajinasi nantinya akan berhubungan dengan perilaku mahluk hidup, baik itu individu maupun kelompok.

Contoh dari kemampuan dari seni teater adalah kemampuan memahami karakter, menciptakan naskah, dan mengekspresikan karakter dalam naskah.

Cabang – Cabang Seni

Seiring dengan berkembangnya jaman, kebutuhan, dan pemahaman manusia, kini seni juga semakin berkembang.

Hal tersebut karena mulai adanya seni-seni baru pada masyarakat. Oswald Kulpe membagi cabang – cabang seni menjadi:

Seni Audio (Auditory Art)

Seni audio merupakan seni yang dapat dinikmati oleh indra pendengaran, karena seiring dengan perkembangan zaman kini seni audio atau auditory art dibagi menjadi tiga bagian, yaitu:

  • Seni Musik
  • Seni Sastra
  • Seni Suara

Seni Visual (Visual Art)

Seni visual atau visual art adalah seni yang dapat dinikmati oleh indra penglihatan (mata). Seni visual dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Seni dua dimensi
  • Seni tiga dimensi

Seni Audio Visual (Auditory Visual Art)

Seni audio visual atau auditory merupakan seni yang dapat dinikmati oleh panca indra pendengaran dan juga indra penglihatan. Seni audio visual dibagi menjadi tiga bagian, yaitu

  • Seni tari
  • Seni drama
  • Seni opera

Akhir Kata

Jadi kesimpulan dari penjelasan diatas bahwa seluruh kehidupan manusia tidak lepas dari kesenian, dikarenakan bisa menyentuh semua bidang kehidupan.

Dengan seiring dari perkembangan zaman, kini bentuk kesenian selalu mengalami sebuah perubahan. Tetapi secara umum, bentuk seni bisa dinikmati melalui panca indra manusia mulai dari pendengaran, penglihatan, maupun kombinasi keduanya.

Demikian artikel kami mengenai pengertian seni, fungsi seni, macam-macam seni, hingga sifat dasar dari seni. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menambah wawasan. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You May Also Like