Contoh Surat Teguran

Contoh surat teguran– Dalam dunia kerja, pernahkah Anda mendapatkan surat teguran atau surat peringatan dari tempat Anda bekerja?

Pasti ada banyak sekali orang yang mengalami atau merasakan sebuah peringatan dari tempat dia bekerja. Surat peringatan tersebut diberikan kepada seseorang tentunya dikarenakan telah melakukan sebuah kesalahan. Entah itu kesalahan ringan, sedang atau berat.

Surat teguran tersebut memiliki tujuan, hal tersebut dilakukan untuk peringatan agar kesalahan yang sama tidak akan pernah diulang kembali di kemudian hari.

Nah, jika Anda tidak paham dengan aturan tersebut, sebaiknya Anda perhatikan penjelasan mengenai contoh surat teguran berikut ini:

Contoh Format Surat Teguran

Format Surat Teguran

SURAT PERINGATAN

Nama:

Jabatan:

Manajer:

Staf HRD:

Tanggal:

(Nama perusahaan) menyadari pentingnya menjaga proses kerja yang konsisten dan efektif. Untuk itu, penting pula untuk memastikan karyawan melakukan hal yang sama. Namun disayangkan bahwa (nama karyawan) memiliki perilaku yang tidak sesuai dengan tujuan untuk menyelesaikan tanggung jawab dan kewajibannya.

Surat peringatan ini dikeluarkan atas kegagalan (nama karyawan) untuk memenuhi peraturan perusahaan dengan melakukan pelanggaran yang terjadi pada (tanggal kejadian), yaitu;

(Penjelasan pelanggaran) Ini adalah kejadian yang pertama kali terjadi dan dilakukan oleh yang bersangkutan.

(Penjelasan konsekuensi sesuai dengan aturan perusahaan)
Dengan menandatangani surat ini bukan berarti karyawan bersangkutan melakukan pengakuan atas kesalahan yang dilakukan dan tidak perlu untuk menyetujui isi dari surat ini.

Tanda tangan karyawan hanya menunjukkan bahwa karyawan telah menerima surat ini dan karyawan beserta manajemen perusahaan telah berdiskusi mengenai isi surat ini termasuk rencana spesifik perkembangan dan konsekuensi yang harus dilakukan selanjutnya.
(Tanda tangan Karyawan)

Contoh Surat Teguran dari Perusahaan

Contoh Surat Teguran Karyawan

Atas Pelanggaran Disiplin

Surat Teguran dari Perusahaan

PT. JAYA TEKNIK PERKASA
Jln. Ahmad Yani No. 11 Surabaya
Telp. 0651 8776
===================================================================

SURAT TEGURAN
Nomor: IV/SP-1 /VI/2021

Surat Peringatan ini ditujukan kepada :

Dibuat oleh perusahaan, dalam hal ini ditujukan kepada :

Nama : Resti Marvika
Jabatan : Staff Gudang

Surat ini dikeluarkan sehubungan dengan sikap indisipliner dan pelanggaran terhadap tata tertib perusahaan yang saudara lakukan, maka dengan ini perusahaan memberikan surat peringatan pertama dengan ketentuan:

  1. Surat peringatan pertama berlaku untuk 1 (satu) bulan kedepan sejak diterbitkan yakni mulai tanggal 11 Januari sampai 11 Februari 2021.
  2. Apabila selama kurun waktu 1 (satu) bulan sejak tanggal penerbitan surat peringatan pertama saudara tidak melakukan pelanggaran yang menjadi dasar atas diterbitkannya surat peringatan pertama ini, maka surat peringatan pertama saudara dinyatakan sudah tidak berlaku.

Surat peringatan ke-2 akan dikeluarkan oleh Perusahaan Jika dalam kurun waktu 1 (satu) bulan, saudara kembali melakukan tindakan pelanggaran.

Selama masa surat peringatan masih berlaku, atau belum melebihi 1 (satu) bulan setelah penerbitan saudara tidak diperbolehkan menggunakan fasilitas perusahaan, berupa :

  1. Kendaraan inventaris
  2. Laptop Perusahaan

Demikian surat peringatan ini dibuat untuk dapat diperhatikan dan dilaksanakan sebaik mungkin kepada yang bersangkutan.

Surabaya, 11 Januari 2021
PT. Jaya Teknik Perkasa
Mengetahui,

Ahmad Santoso

Atas Tindakan Kelalaian

Contoh Surat Teguran dari Perusahaan

CV. KARYA PERDANA TEKNIK
Jln. Majend Sungkono No. 90 Surabaya
Telp. 0651 8776
===================================================================

SURAT TEGURAN
Nomor: IV/SP-1 /VI/2021

Surat Peringatan ini ditujukan kepada :

Nama : Mustofa Malik Santoro

Jabatan : Staff Operator Gudang

Berdasarkan peraturan tentang kelalaian dalam stok barang di gudang perusahaan yang diatur dalam peraturan wajib di gudang telah diabaikan maka dengan ini saudara yang berkaitan diatas menerima sangsi dan teguran dari perusahaan.

Tujuan diberikannya surat ini agar saudara yang bersangkutan tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama dan mau melakukan evaluasi serta meningkatkan kedisplinan kerja untuk menunjang tercapainya kepentingan bersama dalam perusahaan CV. Karya Perdana Teknik.

Adapun bentuk sanksi yang diberikan kepada saudara yang bersangkutan adalah:

Tidak dikeluarkannya hak tunjangan transportasi saudara selama batas waktu yang ditentukan yaitu sejak diterbitkannya surat ini sampai tanggal 10 Desember 2021.

Demikian surat ini agar menjadi perhatian bahwa:

Setiap karyawan di CV. Karya Perdana Teknik hanya akan mendapatkan teguran sekali. Dan apabila setelah itu telah terjadi lagi pelanggaran dan kesalahan maka perusahaan akan langsung memberikan sanksi berupa surat peringatan pertama (SP I). Oleh sebab itu diharapkan hal ini menjadi pelajaran agar kedepanya proses aktivitas di perusahaan tidak mengalami hambatan dimasa yang akan datang.

Demikian surat peringatan ini dibuat untuk dapat diperhatikan dan dilaksanakan sebaik mungkin kepada yang bersangkutan.

Surabaya, 11 November 2021

CV. Karya Perdana Teknik

Manager HRD

Agus Sanjaya

Contoh Surat Teguran PNS

Contoh Surat Teguran PNS

PEMERINTAH KOTA SURABAYA
DINAS TENAGA KERJA

Jl. Gubernur Suryo No.1 Kota Surabaya30987

Telp. 031– 891092 ext. 345 Fax. 022 -891090

===================================================================

SURAT PERINGATAN
No. 45/PKLH/SP/IV/18

Dengan hormat surat teguran ini ditujukan kepada Saudara

Nama : Ivan Jaelani Surya

Jabatan : Staff Administrasi Kantor Pusat

NIP : 74346938.99.87.039

Adapun diberikannya surat teguran ini kepada saudara yang bersangkutan diatas berdasarkan peraturan dan keputusan dari pelanggaran disiplin dan tata tertib di lingkungan kantor. Saudara diatas tercatat telah melakukan pelanggaran dengan tidak masuk kerja selama 6 hari berturut-turut tanpa alasan yang telah ditentukan. Karena masalah tersebut maka Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Surabaya mengeluarkan surat teguran sebagai peringatan dini atas pelanggaran disiplin.

Masa berlaku surat teguran ini adalah selama kurang lebih 30 (tiga puluh) hari atau 1 (satu) bulan kedepan dan mulai dari surat ini diterbitkan.

Jika selama masa berlakunya sanksi tersebut saudara yang bersangkutan tidak melakukan pelanggaran disiplin dan mematuhi peraturan sebagai yang menjadi tata tertib di perusahaan ini hukuman ini sudah tidak berlaku.

Namun jika saudara melakukan pelanggaran kembali maka Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup Kota Medan akan langsung mengeluarkan surat pemutusan hubungan kerja/kontrak.

Atas pelanggaran tersebut yang telah dilanggar oleh saudara maka saudara akan dikenakan pemotongan gaji atau upah sebesar 10% hal ini sebagaimana yang telah diatur dalam peraturan daerah mengenai Ketenagakerjaan No 5 /HGR/65/2019.

Terimakasih atas perhatian saudara dan kami mengucapkan terimakasih atas perhatiannya.

Surabaya, 11 Agustus 2021

(tanda tangan)

Kepala Dinas Tenaga Kerja.

Contoh Surat Teguran Dinas

Contoh Surat Teguran Dinas

PEMERINTAH KOTA MADIUN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Kota Madiun Provinsi Jawa Timur

Jl. Gorang Gareng No. 45, Madiun
Telp. 061-123456; Fax. 061-123456

===================================================================

SURAT TEGURAN
Nomor : 123/Disdik/09/2021

Surat teguran ini ditujukan kepada :

  • Nama : Sarada Marvino
  • NIP : 98785476
  • Jabatan : Kepala Bagian Administrasi
  • Unit Kerja : Dinas Pendidikan Kota Madiun
  • Alamat : Jl. Gorang Garen No. 45, Madiun

Surat teguran ini diterbitkan karena Saudara Sarada Marvino tidak bisa menyelesaikan laporan anggaran dan belanja Bagian Administrasi pada Unit Kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Madiun sesuai dengan batas waktu yang sudah ditentukan.

Kami berharap agar yang bersangkutan segera memberikan laporan pertanggung jawaban anggaran dan belanja periode semester I TA 2021 ini, setidaknya 1 minggu setelah surat teguran ini diterbitkan.

Demikian surat teguran ini diterbitkan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terimakasih.

Madiun, 11 Maret 2021

Mengetahui,
Kepala Dinas Pendidikan Kota Madiun,

Satriyo Purnomo, M. Si.
NIP. 84637566 3466 2352

Contoh Surat Teguran untuk Guru

Contoh Surat Teguran untuk Guru

DINAS PENDIDIKAN Kabupaten Surakarta
SMA NEGERI 11 Surakarta

Jln. Semolo Jatitrejo No. 105, Surakarta
===================================================================

Nomor  : 006/SP-Mandel/IV/2021]

Lampiran   :

Perihal : Teguran Guru SMA Negeri 11 Surakarta

Kepada,

Yth Bapak Ahmad Muhaimin

Di- Tempat

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam silaturrahmi kami sampaikan, semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, Amin.

Berdasarkan hasil keputusan Rapat Rutin Dewan Guru pada Tanggal 12 Maret 2021 tentang kedisiplinan Pendidik (Guru) dan Tenaga Kependidikan di MAS ABC, untuk memberikan surat teguran kepada Guru yang tidak masuk sebanyak 5 kali dalam sebulan dan juga berdasarkan pantauan kami terhadap kinerja Bapak selama ini menunjukkan penurunan, sehingga berdampak pada siswa, sementara siswa sangat membutuhkan bimbingan yang optimal dalam rangka menghadapi ujian-ujian yang diadakan oleh sekolah di masa yang akan datang.

Sehubungan dengan hal tersebut maka kami selaku pimpinan lembaga mengharapkan kepada Bapak untuk lebih memfokuskan diri dalam melaksanakan tugas-tugas yang telah diamanatkan oleh sekolah, sehingga siswa tidak terlalu banyak ketinggalan dalam pelajaran dan kelas sering menjadi kurang kondusif akibat kurangnya bimbingan/tatap muka yang kita lakukan.

Demikian surat teguran ini, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Banda Aceh, 11 Maret 2021

Kepala Sekolah SMA Negeri 11 Surakarta,

Prabowo Harvino, M. Pd

Contoh Surat Teguran untuk Siswa

Contoh Surat Teguran untuk Siswa

DINAS PENDIDIKAN KOTA SURABAYA
SMA NEGERI 05 SURABAYA

Jl. Ambengan Selatan No. 124 Surabaya

===================================================================

SURAT PERINGATAN
Nomor :  655/B/I/2018

Kepada             : Antoni Firmansyah

Hal                   : Surat Peringatan/Teguran

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Menurut data absensi kelas VIII C siswa yang bernama Antoni Firmansyah pada semester 1 (satu) sering tidak masuk tanpa keterangan (alpa). Berdasarkan peraturan SMA Negeri 5 Surabaya jika siswa yang sering tidak masuk akan di kenakan sanksi dari Sekolah dan apabila siswa tersebut tidak mengindahkan peraturan yang berlaku di SMA Negeri 5 Surabaya, maka siswa atas nama Antoni Firmansyah akan dikeluarkan dari SMA Negeri 5 Surabaya.

Demikian Surat Peringatan kami agar dapat dimengerti:

Wasalamu’alaikum Wr. Wb

Hormat kami,

Medan, 26 Maret 2018,

 

Ahmad Subarjo, M. Pd

(Kepala SMA Negeri 5 Surabaya)

Contoh Surat Teguran untuk Mahasiswa

Contoh Surat Teguran untuk Mahasiswa

UNIVERSITAS AIRLANGGA (UNAIR) SURABAYA

Jl. Airlangga No.4 – 6, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60115

No :I/II/III/123/Maret/2018


Hal : Peringatan Perilaku Kurang Menyenangkan

SURAT TEGURAN

Dalam rangka menjaga ketertiban serta kenyamanan wilayah kampus maupun asrama Universitas Airlangga, maka diharapkan para mahasiswa/i dapat mematuhi segala peraturan yang berlaku. Menindak lanjuti laporan dari penghuni kamar dan keluhan dari orang tua mahasiswa baru, maka dengan ini kami beritahukan kepada saudara/i :

  • Nama : Nur Fitri Rahayu
  • NIM : 345785
  • Semester : IV (Empat)
  • Jurusan : Ilmu Kebidanan
  • Fakultas : Akademi Kebidanan

Sehubungan dengan pernah dilakukan pemanggilan kepada saudari Nur Fitri Rahayu dan telah diberikan peringatan secara lisan akan tetapi tidak ada perubahan seperti yang diharapkan, maka bersamaan surat ini kami sampaikan Peringatan Pertama kepada saudara/saudari tersebut diatas dikarenakan pelanggaran yang telah dilakukan.

Demikian surat peringatan ini dibuat, atas perhatian dan tindak lanjutnya kami ucapkan terima kasih.

Surabaya, 11 April 2021,

Dekan Kemahasiswaan,

Bambang Sutisno, M. Kes

Contoh Surat Teguran dari RT untuk Warga

Contoh Surat Teguran untuk Warga

Contoh Surat Teguran Rt utnuk Warga

Demikian artikel ini tentang contoh surat teguran untuk berbagai kepentingan. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Tinggalkan komentar