Cara FYP di TikTok

Belakangan ini banyak yang cari  tahu tentang bagaimana cara FYP di TikTok. Dengan muncul di halaman for your page, maka pengguna TikTok bisa semakin viral. Hal tersebut nantinya juga akan memberikan dampak positif bagi pengguna.

Misalnya, semakin dikenal oleh masyarakat luas hingga mendapatkan keuntungan berupa uang. Untuk masuk ke FYP Anda bisa menggunakan beberapa cara yang anti susah. Pastinya tidak ribet dan sangat mudah dilakukan.

Cara FYP di TikTok

Masuk FYP di TikTok

Tidak sulit untuk bisa masuk FYP di TikTok. Setidaknya beberapa pilihan cara berikut akan membantu Anda untuk dapat masuk ke FYP.

Mulai dari mencermati penulisan caption video, melakukan kolaborasi, melakukan interaksi dengan pengguna lain, mengunggah di jam primer dan masih banyak lagi.

1. Cermati Penulisan Caption Video Anda

Agar bisa masuk ke FYP TikTok, sebaiknya dimulai dari mencermati penulisan caption pada video tersebut. Buatlah caption video semenarik mungkin dan usahakan benar-benar mampu mewakili isi dari video TikTok yang dibuat tersebut.

Di samping itu, pastikan bahwa caption yang dibuat berhasil memancing interaksi maupun komentar yang berasal dari pengguna lain. Cara ini juga diklaim sebagai cara yang sangat mudah untuk masuk FYP TikTok. Bahkan cara ini bisa membantu memperbesar peluang interaksi lewat video yang diunggah tersebut.

2. Buat Konten yang Mampu Meningkatkan Engagement

Agar bisa masuk ke FYP TikTok, Anda juga bisa membuat konten yang mampu untuk meningkatkan engagement antara followers dengan pembuat konten. Jangan lupa perhatikan dengan baik terkait kualitas video yang dibuat.

Ciptakan konten video yang unik, lucu namun tetap asli buatan Anda sendiri. Pastikan Anda mampu membuat followers merasa puas, senang dan sangat berkenan untuk memberikan komentar pada konten video Anda. Hal ini nantinya akan mampu meningkatkan ranking Anda di TikTok.

3. Melakukan Kolaborasi atau Duet Bersama Kreator Lainnya

Demi bisa menjadikan akun Anda kian dikenal oleh banyak orang dan masuk FYP TikTok, maka tidak ada salahnya untuk melakukan kolaborasi dengan konten kreator lainnya. Misalnya, membuat video duet maupun melakukan challenge bersama.

Membuat video konten bersama kreator lain ternyata bisa terbukti ampuh guna meningkatkan exposure dari video yang telah Anda buat tersebut. Jika hasil duet video menarik, maka hal ini nantinya bisa mendatangkan banyak komentar. Secara otomatis hal ini bisa menaikkan ranking akun Anda.

4. Mengikuti Challenge dan Tren

Bukan hanya sekedar itu saja, cara FYP di TikTok berikutnya yang bisa dicoba ialah dengan mengikuti challenge dan tren. Cobalah ikuti isu yang sedang berkembang saat ini. Hampir setiap hari kini TikTok memberikan tantangan maupun challenge unik yang bisa dibuat oleh setiap pengguna.

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba tantangan maupun challenge tersebut. Buatlah dengan versi Anda sendiri dan segera upload ke TikTok. Dengan mengikuti tren maupun challenge tersebut, tentunya Anda bisa menaikkan traffic serta followers.

5. Pakailah Lagu yang Sedang Tren dan Populer

Ketika membuat video konten, perhatikan dengan baik pemilihan lagunya. Usahakan memakai lagu yang sedang tren dan populer. Dengan memilih lagu yang hits tersebut, maka diharapkan video konten Anda bisa ikut populer juga.

Cara ini terbukti cukup ampuh dan efektif dalam menjadikan video Anda muncul ke halaman FYP. Akan tetapi, tetap pastikan bahwa lagu yang dipilih tersebut sesuai dengan isi konten video yang Anda buat, ya! Jangan sembarangan asal pakai lagu saja.

6. Jangan Lupakan Pemakaian Hashtag

Tahukah Anda bahwa pemakaian hashtag TikTok ternyata sangat penting dan efektif untuk berpeluang masuk ke FYP. Gunakan hashtag yang saat ini sedang benar-benar trending. Akan tetapi, jangan sampai lupa untuk memilih hashtag yang relevan dengan konten video TikTok buatan Anda.

Pemakaian hashtag ini nantinya bisa membantu pengguna lainnya dalam menemukan pencarian secara mudah.  Beberapa hashtag seperti #FYP, #foryourpage serta #foryou dipercaya mampu untuk meningkatkan popularitas video konten buatan Anda.

7. Melakukan Interaksi dengan Para Pengguna TikTok Lainnya

Cara lain yang bisa dilakukan agar bisa masuk FYP TikTok berikutnya adalah dengan rajin melakukan interaksi dengan para pengguna lain. Anda dapat memulainya dengan memberikan komentar tertentu pada sejumlah video orang lain yang masuk ke halaman FYP.

Jangan sungkan untuk memberikan komentar sehingga nantinya juga banyak pengguna yang akan melakukan hal serupa kepada Anda. Adanya interaksi tersebut juga tidak akan memungkiri bahwa akan membawa Anda masuk ke halaman FYP.

8. Pilihlah Durasi Video yang Pendek dan Hindari Membuat Video Bertele-Tele

Agar bisa dengan mudahnya masuk ke FYP TikTok, maka sebaiknya cobalah memilih durasi video yang terpendek. Hindari membuat video yang cenderung bertele-tele. Hal ini tentunya akan membuat para pengguna TikTok lainnya tidak usah menunggu waktu lama lagi untuk melakukan swipe video.

Durasi video TikTok yang terlalu panjang tentu saja hanya akan membuat pengguna TikTok lainnya akan merasa bosan. Bahkan pengguna bisa langsung swipe ke video lainnya sebelum video tersebut selesai diputar. Hal ini pasti hanya akan menurunkan engagement video Anda.

9. Perhatikan Kualitas Video Buatan Anda

Menurut situs Blogtechno, penting sekali untuk memperhatikan kualitas video buatan Anda sebelum diunggah ke TikTok. Perhatikan dengan baik bagaimana tentang kejernihan video yang dibuat. Selain itu, juga sangat penting untuk memastikan tingkat originalitas video yang dibawakan.

Hindari membuat video plagiat. Buatlah video yang memang autentik dan mampu memberikan daya tarik tersendiri bagi pengguna TikTok lainnya. Hal ini tentunya akan menjadi nilai tambah bagi pengguna lain untuk melihat video tersebut.

10. Jangan Lupa Unggah Video Pada Jam Ramai

Alternatif lainnya untuk dapat masuk ke halaman FYP adalah dengan mengunggah video pada jam-jam ramai atau prime time. Maksudnya, Anda perlu mengunggah video di jam-jam yang ramai oleh pengguna TikTok lainnya.

Misalnya, di Indonesia jam ramai TikTok ada pada kisaran siang hari yaitu di jam istirahat yaitu pukul 12.00 hingga 13.00 WIB. Kemudian pada waktu sore hari di jam 16.00 hingga 17.00 WIB. Terakhir, pada waktu malam hari yaitu jam 19.00 hingga 23.00 WIB.

No Hari Jam Terbaik untuk FYP TikTok
1 Senin 10:00 – 12:00 & 16:00 – 18:00
2 Selasa 15:00 – 16:00
3 Rabu 10:00 – 11:00 & 19:00 – 21:00
4 Kamis 10:00 – 12:00 & 16:00 – 18:00 & 19:00 – 21:00
5 Jumat 10:00 – 11:00 & 16:00 – 18:00
6 Sabtu 09:00 – 10:00 & 14:00 – 15:00
7 Minggu 08:00 – 12:00 & 19:00 – 21:00

11. Lakukan Promosi Konten di Sosial Media Lainnya

Hal terakhir yang bisa Anda lakukan untuk masuk ke FYP TikTok adalah dengan mempromosikan video konten buatan Anda ke berbagai platform sosial media. Salah satunya adalah Instagram. Tentunya Anda tidak merasa asing dengan video TikTok yang bertebaran di beranda pencarian Instagram, bukan?

Nah hal tersebut nantinya bisa membawa video konten Anda masuk ke FYP. Secara tidak langsung Anda akan menarik perhatian para pengguna Instagram yang juga memiliki akun TikTok untuk melihat video konten Anda pada platform video tersebut.


Sebelas cara FYP di TikTok tersebut tentunya sangat mudah dilakukan. Mulai dari memperhatikan caption video konten, rajin mengikuti challenge TikTok, memperhatikan kualitas video konten yang dibuat, mengunggah video di jam primer dan masih banyak lagi. Terapkan cara-cara tersebut dengan baik, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *