Cara Live di TikTok

TikTok menjadi platform yang kini digandrungi oleh banyak kalangan. Baik kawula muda sampai orang tua semua gemar bermain TikTok. Hal menarik untuk dimainkan lewat platform ini adalah siaran langsung. Cara live di TikTok rupanya juga relatif mudah.

Live TikTok tentunya akan membuat pemilik akun lebih mudah berinteraksi dengan banyak orang. Semakin aktif di TikTok, maka semakin besar pula kesempatan untuk mendapatkan tawaran endorse. Siapa yang tidak mau untung lewat hobi?

Cara Live Streaming di TikTok Mudah dan Praktis

Sebetulnya bisa dikatakan bahwa cara live TikTok tidak jauh berbeda dengan cara live menggunakan Instagram. Hanya saja Anda harus memahami dengan baik apa saja persyaratan yang perlu dipenuhi untuk bisa live melalui platform ternama tersebut.

  • Persyaratan Live TikTok

Melakukan live di TikTok ternyata bisa dilakukan dengan sangat mudah. Tentunya hal tersebut bisa dilakukan apabila telah memenuhi sejumlah persyaratan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa persyaratan yang perlu dipenuhi untuk bisa live di TikTok.

  • Minimal Followers 1000

Untuk bisa melakukan live via TikTok maka Anda perlu mempunyai minimal 1000 followers. Jadi, jika jumlah followers belum mencapai 1000 tentu Anda tidak bisa menjumpai opsi Go Live pada ikon +. 

  • Berusia Minimal 16 Tahun

Fitur Go Live juga hanya tersedia jika Anda sudah berusia minimal 16 tahun. Apabila belum berusia 16 tahun, maka harap menunggu sampai ada di usia tersebut.

  • Perlu Upgrade Versi Terbaru

Jika Anda sudah berumur 16 tahun dan mempunyai banyak followers tapi masih belum bisa melakukan live streaming, maka cobalah untuk melakukan upgrade ke versi paling baru.

1. Cara Live di TikTok

Setelah memenuhi semua persyaratan untuk bisa live streaming via TikTok, maka berikutnya Anda bisa langsung mulai melakukan siaran langsung. Tidak perlu bingung lagi untuk memulai live streaming jika Anda mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi TikTok terlebih dahulu.
  2. Ketuk ikon + yang ada pada bagian bawah layar.
  3. Masukan judul Live yang sesuai dengan keinginan Anda pada bagian Add Title.
  4. Apabila sudah, Anda bisa langsung menekan tombol Go Live yang ada pada bagian bawah. Nantinya Anda akan muncul informasi tentang followers TikTok yang masih online.
  5. Anda bisa langsung mulai melakukan interaksi dengan para viewers secara mudah.

2. Cara Live Bersama di TikTok

Live streaming sendiri mungkin akan terasa asyik. Akan tetapi, akan jauh lebih asyik jika bisa live streaming bersama dengan teman-teman. Cara live streaming di TikTok dengan teman-teman juga tidak kalah mudah.

  1. Buka aplikasi TikTok yang Anda miliki.
  2. Berikutnya Anda dapat langsung mengetuk tombol + yang ada pada bagian bawah layar.
  3. Apabila sudah, Anda bisa memasukan judul Live sesuai dengan apa yang diinginkan pada bagian Add Title.
  4. Berikutnya lanjutkan dengan mengetuk tombol Go Live dan nantinya Anda akan diberikan informasi mengenai jumlah followers aktif.
  5. Saat sedang melakukan live tersebut, maka Anda bisa langsung mengetuk tombol Undang yang ada di bagian kiri bawah.
  6. Pilih teman mana yang ingin Anda ajak untuk live bersama.
  7. Jangan lupa maksimalkan kolaborasi untuk live streaming yang semakin maksimal.

Tips Live Streaming di TikTok

Tentu Anda memiliki tujuan tertentu ketika coba melakukan live TikTok. Misalnya, untuk menghibur, memberikan edukasi tentang suatu hal sampai hanya sekedar ingin berinteraksi dengan para followers. Agar tidak bingung ketika melakukan live streaming, maka cobalah terapkan beberapa tips berikut.

1. Siapkan Perlengkapan Live

Dolansir dari situs netgeek, agar live streaming TikTok berjalan dengan baik, maka sebelumnya Anda perlu menyiapkan seluruh perlengkapan terlebih dahulu. Jangan sampai tidak. Misalnya, memastikan dengan baik kamera yang digunakan agar selalu bersih dan mampu merekam suara secara baik.

Bila perlu Anda juga dapat menyiapkan tripod guna meletakkan handphone. Hal ini tentunya bertujuan agar video live yang sedang Anda lakukan bisa berjalan dengan stabil dan menghindarkan tangan dari resiko pegal. Anda juga bisa menggunakan ring light sehingga menjadikan pencahayaan lebih optimal.

2. Pilih Topik Terbaik dan Menarik

Setelah semua perlengkapan live sudah dipersiapkan dengan baik, maka berikutnya Anda bisa langsung mulai memilih topik terbaik dan pastikan menarik untuk diperbincangkan. Anda dapat menentukan pilihan topik berdasarkan apa-apa yang masih hits saat ini.

Misalnya, video memasak, video unboxing, video make up dan sebagainya. Untuk itu, Anda perlu menguasai topik-topik tersebut. Jangan sembarangan memilih topik pembicaraan, ya! Bila perlu Anda dapat melakukan riset terlebih dahulu.

3. Bangun Interaksi Terbaik dengan Penonton

Terakhir, Anda bisa mulai membangun interaksi terbaik dengan penonton live streaming. Anda bisa menyapa mereka satu persatu jika memang memungkinkan. Ucapkan terimakasih kepada mereka karena sudah mau menonton live streaming Anda.

Anda juga bisa mulai membaca komentar-komentar yang diberikan oleh penonton. Hal ini tentunya akan membuat penonton merasa jauh lebih dekat dengan Anda. Bahkan tidak ada salahnya untuk melakukan live bersama teman-teman TikTok lainnya.


Cara live di TikTok tentu sangat mudah dilakukan. Bahkan tidak jauh berbeda dari cara live menggunakan platform sosial media lainnya. Hanya saja Anda perlu memperhatikan apa saja persyaratan yang mesti dipenuhi untuk bisa live streaming.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like