Kerajinan dari Sisik Ikan

Kerajinan dari Sisik Ikan

Membahas mengenai kerajinan, tentunya tak akan pernah habis dengan kreatifitas-kreatifitas yang muncul dari masyarakat. Nah, kerajinan dari sisik ikan merupakan salah satu contoh kreatifitas yang muncul dari masyarakat.

Sisik ikan yang dijadikan limbah oleh beberapa orang, ternyata bisa menghasilkan sebuah kerajinan yang sangat cocok untuk menghiasi ruangan di rumahmu.

Nah pada artikel ini kita akan bahas beberapa hal yang berkaitan dengan kerajinan dari sisik ikan yang dianggap oleh beberapa orang sebagai limbah.

Seputar Kerajinan dari Sisik Ikan

Kerajinan dari sisik ikan merupakan salah satu jenis kerajinan yang berbahan dasar limbah yaitu sisik ikan. Meskipun demikian, kerajinan dengan bahan ini mempunyai nilai seni dan nilai jual yang cukup tinggi.

Buktinya banyak masyarakat yang tinggal di pesisir memanfaatkan limbah sisik ikan ini untuk dibuat menjadi kerajinan.

Uniknya kerajinan dari sisik ikan ini hanya dapat kita temukan di negara yang kaya dengan budaya dan adat istiadat ini.

Di Indonesia, kamu akan mudah sekali menemukan kerajinan jenis ini. Ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia mempunyai jiwa kreatifitas yang tinggi.

Contoh Kerajinan dari Sisik Ikan dan Cara Membuatnya

Aksesoris

Sisik ikan juga bisa kamu gunakan untuk membuat aksesoris unik, salah satunya yaitu bros. Hasilnya juga bisa dikatakan menarik dan artistik yang pastinya tidak dijual di toko-toko.

Menggunakan sisik ikan untuk aksesoris juga tidak terlalu sulit, disini kamu hanya harus memastikan jenis sisik ikan yang cocok dan ukurannya sesuai dengan aksesoris yang akan dibuat.

Sebelum membuat bros dari sisik ikan, kamu harus cuci bersih terlebih dahulu sisik ikan supaya tidak bau amis.

Berikut ini merupakan tahapan-tahapan dalam membuat aksesoris dari sisik ikan.

Alat dan bahan :

  • Sisik ikan yang telah dibersihkan
  • Lem tembak
  • Pewarna

Cara membuatnya :

  1. Disini Kami akan memberikan contoh bagaimana cara membuat aksesoris sisik ikan yaitu jepit rambut atau sisir. Pertama, warnai sisik ikan yang telah kamu siapkan.
  2. Pakai lem tembak untuk menempelkan sisik ikan.
  3. Tempelkan satu per satu sisik ikan sampai membentuk kelopak bunga, bentuk bunga ini dibuat kecil dan disesuaikan dengan sesuai selera
  4. Jika bunga sudah jadi, sekarang kamu rekatkan bunga dengan jepit rambut atau sisir menggunakan lem tembak.

Baca Juga: Kerajinan Bahan Keras


Hiasan Lampu

Nah contoh kerajinan dari sisik ikan selanjutnya yaitu hiasan lampu, dalam pembuatannya sedikit agak rumit dan perlu adanya kreatifitas yang tinggi.

Prinsipnya hampir sama dengan membuat lampu gantung yang biasanya dibuat dari kristal-kristal kaca, akan tetapi kali ini diganti menggunakan sisik ikan.

Nah berikut ini akan dijelaskan tahapan-tahapan dalam membuat kerajinan hiasan lampu dari sisik ikan.

Alat dan bahan yang harus disiapkan :

  • Sisik ikan yang telah dibersihkan
  • Tali atau benang nilon
  • Lem tembak
  • Pernak pernik lainnya sesuai dengan keinginan

Cara membuatnya :

  1. Siapkan sisik ikan yang telah dibersihkan.
  2. Susun sisik ikan sebelum direkatkan dengan Kamu bisa membuat sesuatu yang mudah terlebih dahulu, misalnya bentuk bunga.
  3. Pakai lem tembak untuk menempelkan sisik ikan, lakukan secara berhati-hati.
  4. Jika sudah terbentuk dan direkatkan pada tali, pakai sebagai cover lampu.

Pernak Pernik

alicdn.com

Pernak pernik dari sisik ikan ini dapat kamu gunakan sebagai bros untuk melengkapi gaya kamu setiap saat.

Dengan bentuk seperti ini juga bisa untuk kancing baju, jadi kamu bisa memiliki sesuai dengan selera dan kebutuhan Kamu.


Baca Juga: Kerajinan dari Kulit Jagung


Jepit Rambut

Nah kerajinan selanjutnya yaitu jepit rambut. Ini sebuah kreatifitas yang unik, yaitu memanfaatkan sisik ikan menjadi jepit rambut.

Untuk cara pembuatannya juga tidak jauh berbeda dengan cara membuat aksesoris seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Pastikan kamu menggunakan sisik ikan yang bagus dan sudah dibersihkan dengan cara yang baik dan benar.

Hiasan Bunga

Dalam membuat kerajinan hiasan bunga dari sisik ikan ini, kamu bisa manfaatkan sisik ikan kakap sebagai bahan dasarnya.

Para pengrajin banyak yang menggunakan sisik ikan kakap karena memiliki ciri-ciri tekstur tebal, kuat dan besar apabila dibandingkan ikan nila atau juga ikan mas.

Sebelumnya, Kamu juga perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mengolah sisik ikan supaya bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan produk kerajinan.

  1. Siapkan sisik ikan, kemudian rendam dengan air deterjen sampai kurang lebih 2 jam. Setelah itu, bilas menggunakan air bersih hingga benar-benar bersih.
  2. Selanjutnya, rendam sisik menggunakan perasan jeruk nipis dan ditambah  air, kurang lebih sampai 2 jam untuk menghilangkan bau amis pada sisik ikan.
  3. Pisahkan sisik ikan sesuai dengan ketebalan dan ukurannya supaya lebih mudah digunakan, Kamu juga bisa menggunakan saringan ketika meniriskan sisik
  4. Tambahkan warna pada sisik ikan dengan cara merebus air, pemberian warna juga harus hati-hati.
  5. Untuk cara pewarnaan, kamu bisa menggunakan pewarna wantex atau cat tekstil. Masukkan pewarna tadi ke wajan dan masukkan juga sisik ikan yang akan digunakan.
  6. Jangan sampai air mendidih, matikan kompor dan biarkan sisik ikan terendam sampai kurang lebih 20 menit hingga warna terserap dengan
  7. Jika sudah cukup, tiriskan sisik ikan dan keringkan dengan cara di angin-anginkan supaya permukaan sisik ikan tidak lengkung.

Anting – Anting

Sisik ikan bisa juga kamu buat menjadi anting-anting. Cara membuat anting-anting dari sisik ikan ini bisa kamu sesuaikan dengan seleramu masing-masing.

Pengait anting-anting juga bisa dibeli di toko-toko aksesoris, kamu bisa gunakan lem tembak untuk bahan perekatnya.


Baca Juga: Kerajinan Berbasis Media Campuran


Kalung

Jika kamu bosan dengan model kalung yang umum dijual di pasaran, kamu bisa coba buat aksesoris kalung yang berasal dari sisik ikan. Supaya lebih kreatif, kamu bisa padukan sisik ikan yang sudah berbentuk bunga, kemudian jadikan bandul kalung, hasilnya akan sangat cantik.

Gantungan Kunci

Pengolahan sisik ikan dijadikan sebuah gantungan kunci ternyata sangat populer dan bernilai seni yang tinggi.

Bahan dalam membuat gantungan kunci dari sisik ikan ini biasanya menggunakan jenis ikan kakap dan dengan teknik pengolahan sisik seperti yang telah di jelaskan sebelumnya.

Tahap pembuatannya juga cukup mudah, kamu bisa membentuk sisik ikan sesuai dengan keinginan. Bagian pengait atau gantungannya kamu bisa beli di toko aksesoris.

Pewarna pada gantungan kunci sangat disarankan menggunakan pilox supaya hasil pewarnaannya lebih bagus dan merata dibandingkan menggunakan cat.

Supaya gantungan kunci menjadi lebih cantik, kamu juga bisa memberikan tambahan bubuk gliter dengan bermacam warna.

Akhir Kata

Dengan memanfaatkan sebuah limbah menjadi sebuah kerajinan, tentunya sangat banyak manfaat dan kegunaannya. Selain sebagai hiasan, kita juga akan ikut andil dalam menjaga kelestarian lingkungan.

Maka dari itu kita semua harus mau memanfaatkan limbah sisik ikan atau tulang ikan dan bahan-bahan limbah lainnya untuk dijadikan sebuah kerajinan yang mempunyai nilai seni dan nilai jual yang tinggi.

Demikian penjelasan kami mengenai kerajinan dari sisik ikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *