Seni Ilustrasi

Seni Ilustrasi- Tentunya kita pernah membaca sebuah cerita ataupun buku yang mana didalam isi cerita/teks tersebut terdapat gambar ilustrasi untuk menghidupkan isi dari sebuah cerita tersebut.

Dengan adanya gambar ilustrasi itu kita sebagai pembaca bisa lebih memahami apa yang dijelaskan dari cerita yang ada didalam buku tersebut.

Untuk lebih jelasnya bisa kalian simak artikel dibawah ini tentang seni ilustrasi yang sudah dilengkapi dengan pemaparannya. Selamat Membaca.

Pengertian Seni Ilustrasi

Ilustrasi sendiri berasal dari kata bahasa latin yaitu “illustrare” yang artinya menyalakan, membuat cahaya atau menerangi yang maknanya dapat diartikan sebagai “sesuatu yang menerangkan atau menjelaskan”.

Ada juga yang mengatakan bahwa ilustrasi berasal dari bahasa Belanda, yakni ilustratie,  yang maknanya adalah suatu hiasan dengan gambar atau pembuatan sesuatu yang jelas (Nurhadiat & Dedi, 2004, hlm.54).

Seni ilustrasi merupakan sebuah gambar atau foto yang digunakan untuk menjelaskan suatu teks ataupun naskah. Hal tersebut bertujuan agar pembaca lebih mudah dalam memahami pesan atau informasi yang diberikan oleh naskah tersebut.

Jadi,  dapat disimpulkan bahwa ilustrasi merupakan sebuah hiasan berupa gambar yang memiliki fungsi untuk menerangkan atau menjelaskan sesuatu.

Makna Ilustrasi Menurut KBBI

Dalam KBBI, Ilustrasi merupakan“sebuah gambar (foto, lukisan) untuk membantu memperjelas isi buku, karangan, dll” (KBBI Daring, 2016). Dalam kamus Oxford, ilustrasi (Inggris: illustration) memiliki arti sebagai “gambar di buku, majalah, untuk dekorasi/menjelaskan sesuatu”.

Dalam KBBI sendiri bahwa ilustrasi secara spesifik adalah gambar atau foto yang memperjelas isi buku, karangan dan hal lainnya. Tidak hanya itu saja, dalam kamus Oxford melengkapinya dengan pernyataan bahwa ilustrasi juga hanya bisa sebagai dekorasi saja.

Pengertian Seni Ilustrasi Menurut Para Ahli

Adapun beberapa pendapat dari para ahli mengenai seni ilustrasi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi, diantaranya:

Soedarso SP

Menurut Soedarso SP Ilustrasi merupakan sebuah seni melukis atau seni menggambar yang diabadikan untuk kepentingan hal lain, bisa jadi memberikan penjelasan atau mengiringi suatu pengertian, contohnya ilustrasi pada cerpen (Soedarso, 1990, hlm.1).

Rohidi

Menurut Rohidi ilustrasi merupakan suatu pengambaran sesuatu melalui elemen seni rupa untuk lebih menerangkan, menjelaskan ataupun memperindah suatu teks, sehingga pembaca bisa ikut merasakan secara langsung melalui sifat-sifat gerak, dan kesan dari cerita yang diberikan (Rohidi, 1984, hlm.87).

Garha

Menurut Garha Ilustrasi merupakan suatu pembentukan gambar bertema ataupun gambar adegan yang menggambarkan suatu peristiwa guna memberikan keterangan (Garha, 1980, hlm.30).

Rasjoyo

Menurut Rasjoyo ilustrasi merupakan sebuah karya seni rupa yang tujuannya untuk memperjelas sesuatu atau menerangkan sesuatu yang bisa berupa cerita, naskah, musik & gambar (Rasjoyo, 1994, hlm.63).

Fariz

Menurut Fariz Ilustrasi merupakan suatu bentuk ekspektasi dari ketidakmungkinan dan tak ada yang berbeda jauh seperti halnya sebuah angan-angan, yang sifatnya virtual atau maya, serta ilustrasi yang hadir dalam sebagai diverikasi: tulisan, gambar & suara (Fariz, 2009, hlm.14).

Fungsi Seni Ilustrasi

Dalam fungsi seni ilustrasi ini, dapat dibedakan menjadi 2 kategori yakni fungsi seni ilustrasi secara umum & secara  Khusus. Berikut ini akan dijelaskan dari kedua fungsi tersebut.

Fungsi Seni Ilustrasi Secara Umum

  • Sarana untuk mempromosikan produk

Biasanya seni ilustrasi digunakan sarana mempromosikan produk. Dan salah satunya contohnya dalah, pada kemasan suatu produk tentunya akan membutuhkan sebuah desain yang bagus dan menarik. Hal ini bertujuan agar konsumen tertarik untuk membeli produk yang telah dipromosikan.

  • Menarik perhatian pembaca untuk membaca judul

Fungsi seni ilustrasi juga bisa menarik perhatian pembaca dari sebuah judul yang merupakan salah satu hal yang mempunyai pengaruh besar pada minat pembaca untuk membaca isinya hingga akhir. Dalam hal ini, seni ilistrasi sangat dibutuhkan.

  • Menarik perhatian pembaca untuk memahami isi

Dengan adanya sebuah gambar ilustrasi pada sebuah teks cerita/informasi, maka dengan begitu, dapat dipahami dengan mudah oleh para pembacanya.

Dengan hal ini, ilustrasi bisa memberikan sebuah penjelasan atau lebih memperjelas suatu informasi atau teks cerita yang disampaikan.

  • Untuk mempermudah dalam mengungkapkan suatu kejadian

Dengan ilustrasi, seseorang dapat lebih mudah mengungkapkan gambaran dari suatu kejadian yang sudah dialami ataupun kejadian yang belum terjadi melalui sebuah gambar.

Sehingga dengan begitu kejadian tersebut dapat dipahami oleh orang lain tanpa harus ditulis secara rinci.

  • Untuk menggambarkan sesuatu

Dalam seni ilustrasi juga terdapat gambar ilustrasi yang bisa membuat orang lain paham mengenai sebuah maksud dari suatu cerita atau informasi.

Dengan begitu sebuah pesan/tulisan yang digunakan akan menjadi lebih singkat, karena dengan gambar ilustrasi saja orang sudah bisa memahami mengenai maksud dari informasi yang disampaikan.

  • Mengandung nilai estetika

Ilustrasi sendiri didalamnya mengandung sebuah nilai estetika seperti dengan gambar ilustrasi pada wajah seseorang. Sehingga, tidak hanya berfungsi dalam memberikan penjelasan mengenai suatu teks atau informasi saja.

Fungsi Seni Ilustrasi Secara Khusus

  • Deskriptif: Berfungsi memberikan dan menjabarkan arti dari sebuah tulisan tang ada di sebuah gambar. Sehingga maksud dari tulisan tersebut dapat dipahami hanya melalui sebuah gambar.
  • Ekspresif: Berfungsi untuk mengekspresikan sebuah ide/gagasan yang dimiliki dengan sebuah gambar yang disampaikan.
  • Kualitatif:  Berfungsi sebagai pembuatan sebuah tabel, simbol, grafik, dll.
  • Analitis: Berfungsi untuk menjelaskan bagian-bagian yang ada pada sebuah benda dengan jelas/rinci.

Tujuan Seni Ilustrasi

Berikut ini merupakan tujuan dari seni ilustrasi yang harus kalian ketahui, antara lain:

  1. Untuk menegaskan dan memperjelas pesan/informasi yang ingin disampaikan.
  2. Memberikan hiasan atau variasi lain dari informasi yang diberikan, sehingga yang melihat terasa lebih menarik & menyenangkan.
  3. Agar memudahkan pengonsumsi informasi dalam memahami bahkan mengingat sebuah informasi yang sudah disampaikan.
  4. Dapat  mengisi kekosongan yang terjadi dalam suatu layout (tata letak).
  5. Untuk memancing imajinasi pembaca dalam membaca buku cerita (prosa fiksi).
  6. Memberikan gambaran /representasi suatu hal yang abstrak dan tidak terjemah.

Baca Juga Artikel:

Jenis – Jenis Seni Ilustrasi

Dalam seni ilustrasi pun memiliki berbagai jenis dengan fungsi & kegunaannya masing-masing. Oleh karna itu, berikut ini akan dijelaskan secara rinci mengenai jenis seni ilustrasi sebagai berikut.

1. Gambar Ilustrasi Naturalis

Merupakan sebuah gambar ilustrasi yang memiliki warna dan bentuk yang sama dengan kenyataan di alam tanpa suatu penambahan/pengurangan.

2. Gambar Ilustrasi Dekoratif

Merupakan gambar yang memiliki fungsi untuk menghiasi sesuatu dengan sebuah bentuk yang telah disederhanakan ataupun di lebih-lebihkan dengan gaya-gaya tertentu.

3. Gambar Kartun

Merupakan gambar yang memiliki bentuk lucu atau mempunyai ciri khas tertentu. Biasanya gambar kartun banyak menghiasi komik, cerita bergambar & majalah anak-anak.

4. Gambar Karikatur

Merupakan sebuah gambar sindirian/kritikan yang dalam penggambarannya terdapat penyimpangan proporsi tubuh. Gambar karikatur umumnya ditemukan di koran ataupun majalah.

5. Cerita Bergambar

Merupakan sejenis gambar atau komik yang dilengkapi dengan teks. Cerita bergambar biasanya menggunakan teknik gambar yang dibuat dengan dasar cerita dengan sudut pandang yang menarik.

6. Ilustrasi Buku Pelajaran

Ilustrasu juga mempunyai fungsi guna menerangkan teks atau peristiwa baik yang ilmiah ataupun yang berupa gambar bagian dan memiliki bentuk berupa gambar natural, bagan, foto.

7. Ilustrasi Khayalan

Merupakan gambar dari hasil pengolahan daya cipta secara imajinatif/khayal. Ilustrasi khayalan biasanya terdapat pada ilustrasi cerita, komik, novel & roman.

8. Tabel

Merupakan sebuah tabel dapat untuk menyajikan suatu kegiatan, data serta menganalisis data tersebut ke dalam bentuk kolom dan baris

9. Pie Chart

Gambaran sesuatu yang mempunyai bentuk lingkaran atau kepingan-kepingan dengan jumlah komponennya sebanyak 3600.

10. Organization chart

Sebuah cara metode penyajian data yang berbentuk struktur organisasi berdasarkan tingkatan/hierarki.

11. Bar chart

Bar chart bisa digunakan untuk melihat kecenderungan data dengan berdasarkan pengamatan menurut waktu.

12. Graph chart

Graph chart merupakan sebuah grafik data yang digunakan untuk menyajikan data kuantitatif dengan cara menggunakan system koordinat.

13. Combination chart

Combination chart merupakan kombinasi antara bar chart & graph chart

14. Flowcart

Flowcart merupakan gambar/bagan yang menunjukkan urutan serta hubungan antar proses beserta instruksi-instruksinya.

15. Peta

Peta merupakan sebuah gambar ataupun lukisan yang mana secara keseluruhannya dari permukaan bumi, baik itu darat maupun laut.

Manfaat Seni Ilustrasi

  • Sebagai sarana untuk berkomunikasi

Secara umum suatu gambar dapat mendeskripsikan sebuah tulisan yang telah disampaikan.

  • Dapat menjelaskan secara singkat tentang sebuah tulisan

Dengan adanya sebuah gambar ilustrasi, sebuah tulisan/cerita akan lebih mudah untuk dipahami & juga dimengerti.

  • Sebagai sarana untuk mengeskpresikan diri

Banyak dari sebagian orang yang memiliki hobi menggambar. Hal ini dia gunakan dan mema anfaatkan untuk mengespresikan apa yang dirasakan, menyalurkan hobi, atau pun mencurahkan isi hatinya.

  • Dapat menarik perhatian pembaca

Ilustrasi juga dapat digunakan dalam memberi gambaran secara rinci mengenai isi sebuah karya. Contohnya adalah ilustrasi pada suatu buku atau majalah.

Dengan adanya ilustrasi seperti ini akan berpengaruh untuk membuat para pembaca penasaran serta membuat mereka ketagihan untuk membacanya lebih lama.

  • Memberikan hiburan bagi pembaca

Biasanya orang akan bosan untuk membaca sebuah cerita yang didalamnya terdapat teks semua. Maka dari itu, untuk menghindari rasa bosan pada pembaca, para penulis bisa menggunakan gambar ilustrasi sehingga suasana membaca menjadi lebih hidup.

  • Mampu meningkatkan nilai estetika pada sebuah gambar/tulisan

Dengan adanya ilustrasi, dapat menjadikan seseorang lebih mudah untuk memahami & memaknai sebuah pesan yang disampaikan oleh penulis.

  • Memudahkan dalam memahami sebuah tulisan

Manfaat dari seni ilustrasi ini juga dapat membantu kita untuk menemukan arti dari sebuah tulisan yang telah kita baca.

Prinsip – Prinsp Seni Ilustrasi

Adapun beberapa prinsip seni ilustrasi yang juga harus diperhatikan, antara lain:

  1. Ilustrasi yang dibuat harus sesuai atau tepat dengan sasaran/target pembaca (anak-anak, remaja, atau dewasa).
  2. Objek yang dibuat harus sesuai dengan isi tulisan atau maksud dari sebuah cerita.
  3. Menarik dan mudah dimengerti.

Teknik Menggambar Ilustrasi gambar

Berikut ini merupakan berbagai metode yang dapat digunakan untuk menggambar ilustrasi, antara lain:

Teknik Teknologi Line

Merupakan sebuah teknik garis ilustrasi yang dapat membentuk gambar dengan cara mengandalkan kemampuan menggunakan irama garis untuk mencapai tujuan. Teknologi line bisa dijalankan dengan baik dengan bahan basah/kering.

Teknik Pointilistis

Merupakan sebuah ilustrasi gambar yang bentuknya berupa titik-titik untuk mencapai kegelapan & cahaya.

Teknik Full Scan

Merupakan teknik yang digunakan untuk menyesuaikan gambar untuk mencapai bentuk yang ideal. Pergerakan gambar dari gelap ke cahaya secara bertahap bisa berubah. Hal ini dilakukan dengan cara menghaluskan sapuan kuas.

Teknik Diesel

Merupakan teknik menggambar dengan bahan kering. Untuk dapat mencapai warna abu-abu dari bagian gelap ke bagian terang  biasanya dipompa dengan kolektor debu. Metode ini digunakan untuk mendapatkan citra seorang naturalis.

Media Gambar Ilustrasi

Berikut ini beberapa media yang digunakan dalam gambar ilustrasi:

Media Hitam Putih

Banyak orang yang menggambar ilustrasi dengan menggunakan trekpen, sedangkan pewarnaannya memakai bak tinta.

Trekpen sendiri cukup mudah untuk digunakan sehingga banyak orang yang menggunakannya. Seiring berkembangnya teknologi, sekarang banyak alat yang lebih mudah & praktis, diantaranya : rapido, pena, spidol & media komputer

Media Pewarna

  • Cat air

Cat air adalah unsur atau bahan yang digunakan untuk pewarna dengan menggunakan air.Menurut sifatnya, cat air sendiri dibagi menjadi 2 macam, yaitu transparant water colour dan non transparant/opaque water colour.

  • Pensil warna

Pensil warna sendiri banyak yang mengandung dari lilin dan biasanya memiliki variasi warna.Tingkat kesulitan dalam menggunakan pensil warna disesuaikan dengan kualitas pensil warna tersebut. Apabila semakin bagus kualitasnya, biasanya akan semakin mudah untuk digunakan, begitu sebaliknya.

Contoh Seni Ilustrasi

Komik

Komik merupakan salah satu karya seni yang mengkombinasikan rangkaian gambar untuk disusun sebagai sebuah cerita yang menarik.

Cover

Cover merupakan bagian depan dari sebuah buku ataupun majalah yang bisa membuat konsumen ingin memilikinya. Dalam membuat cover juga harus menarik dan indah untuk dipandang.

Dengan adanya ilustrasi ini maka semakin menarik pula perhatian para pembaca. Terutama pada buku – buku pelajaran, dengan diberikan gambar akan membantu siswa lebih mudah mempelajari suatu materi yang diberikan.

Majalah

Salah satu contoh seni ilustrasi adalah majalah yang banyak digunakan untuk media promosi. Hal ini juga dikarenakan ilustrasi akan membantu konsumen untuk mengenal lebih dalam produk yang ditawarkan sehingga bisa menarik perhatian konsumen untuk membelinya.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan artikel mengenai Seni Ilustrasi yang bisa dijadikan sebagai referensi ataupun tugas Anda. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan juga bisa bermanfaat untuk kita semua. Aamiin.

Tinggalkan komentar