Kerajinan Tekstil

Dalam kehidupan sehari-hari kita tentunya sering sekali melihat kerajinan yang terbuat dari bahan tekstil. Kerajinan tekstil ini biasanya berupa kebutuhan sandang seperti taplak meja, seprai, gordyn dan masih banyak lagi.

Kerajinan tekstil juga merupakan salah satu jenis peluang usaha yang bisa dimanfaatkan untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Kamu tidak perlu khawatir, sudah banyak sekali contoh para pengusaha yang sukses karena mengembangkan usaha jenis ini.

Nah pada artikel ini, kami akan menjelaskan berbagai macam hal yang berkaitan dengan kerajinan tekstil ini. Artikel ini juga akan menampilkan beberapa contoh kerajinan tekstil yang keren dan menarik.

Pengertian Kerajinan Tekstil

Pengertian Kerajinan Tekstil

Kerajinan tekstil merupakan sebuah karya seni atau kerajinan yang dibuat dengan memakai tekstil sebagai bahan utamanya. Tekstil ialah suatu bahan yang berasal dari serat yang kemudian diolah menjadi benang atau kain sebagai bahan dasar untuk pembuatan busana atau produk kerajinan lainnya.

Dari pengertian tekstil diatas maka dapat disimpulkan bahwa produk tekstil meliputi  diantaranya produk serat, benang, kain, dan pakaian serta berbagai macam jenis benda yang dibuat dari serat.

Umumnya bahan tekstil ini dikelompokkan berdasarkan jenisnya yaitu antara lain.

  1. Berdasarkan jenis produk atau bentuknya: serat staple, benang, serat filamen, kain, produk jadi.
  2. Berdasarkan jenis bahannya: serat alam, serat sintetis, dan serat campuran
  3. Berdasarkan jenis warna dan motifnya: putih, berwarna, dan bermotif/bergambar
  4. Berdasarkan jenis kontruksinya: tenun, renda, rajut, kempa, benang tunggal, dan  benang gintir.

Jenis Kerajinan Tekstil

Kerajinan tekstil merupakan sebuah karya kerajinan dari leluhur kita. Maka dari itu kerajinan tekstil ini dibagi menjadi 2, yaitu tekstil tradisional dan juga tekstil modern

Kerajinan Tekstil Tradisional

Kerajinan Tekstil Tradisional

Kerajinan tekstil tradisional merupakan suatu kerajinan yang dibuat secara manual menggunakan tangan manusia, atau dengan kata lain tidak menggunakan bantuan mesin. Kerajinan tekstil tradisional ini mempunyai harga dan nilai seni yang tinggi.

Selain mempunyai harga dan nilai seni yang tinggi, kerajinan tekstil juga unggul pada daya tahannya yang sangat bagus. Selain itu, karena dibuat menggunakan tangan manusia dan jumlahnya yang terbatas, kerajinan tekstil tradisional juga memiliki nilai eksklusif yang tinggi.

Selain mempunyai kelebihan, kerajinan tekstil tradisional juga mempunyai beberapa kelemahan. Antara lain ialah proses produksinya yang lama, sehingga membutuhkan lebih banyak kesabaran.

Fungsi Kerajinan Tekstil Tradisional

Kerajinan ini juga mempunyai beberapa fungsi yang menjadi prioritas utama, diantaranya.

  1. Sebagai pemenuhan sandang
  2. Sebagai alat bantu rumah tangga
  3. Sebagai alat ritual
  4. Kerajinan Tekstil Modern

Kerajinan Tekstil Modern

Kerajinan Tekstil Modern

Kerajinan tekstil modern ini menggunakan mesin canggih sebagai alat pembuatnya, atau dengan kata lain serba otomatis.

Mengikuti zaman yang sudah semakin canggih, kerajinan tekstil modern memberikan sesuatu yang tidak ada pada kerajinan tekstil tradisional.

Kelebihan utama kerajinan tekstil modern ialah efisiensi dan tidak terlalu menguras banyak tenaga kerja. Selain itu, dengan peralatan canggih tersebut juga membuat kerajinan tekstil modern ini dapat diproduksi secara massal atau banyak.

Selain kelebihan, kerajinan tekstil modern juga tidak lepas juga dari kekuarangan. Kekurangan kerajinan tekstil modern ini yaitu kualitas bahan yang kurang baik, dan bermasalah juga pada daya tahan produk.

Fungsi Kerajinan Tekstil Modern

Kerajinan tekstil modern juga mempunyai fungsi sebagai prioritas utama diminatinya kerajinan ini oleh masyarakat, diantaranya.

  1. Sebagai pemenuhan kebutuhan sandang
  2. Sebagai alat dekorasi

Contoh Kerajinan Tekstil

Berikut ini beberapa contoh kerajinan tekstil yang dijual di pasaran.

Kerajinan Batik

Batik merupakan sebuah karya seni yang memiliki nilai seni yang tinggi. Untuk membuat kerajinan ini, kamu membutuhkan canting yang dipergunakan untuk membuat pola gambarnya, menggunakan bahan lilin panas.

Teknik pewarnaan kerajinan ini ada dua, Yaitu dengan teknik tutup celup untuk batik tradisional, dan menggunakan cap untuk batik modern.

Batik juga merupakan jenis kerajinan khas Indonesia yang sangat diminati oleh masyarakat mancanegara. Bahkan beberapa Presiden dunia terlihat memakai kerajinan dari Indonesia ini.

Kerajinan Batik

Kerajinan Sulam

Kerajinan sulam, atau yang biasa dikenal dengan bordir ialah sebuah hiasan di kain atau bahan lain dengan menggunakan benang dan jarum. Kerajinan sulam ini dibagi menjadi dua jenis, yaitu sulam bebas dan juga sulam hitung jahitan.

Seiring perkembangan teknologi, untuk memenuhi kebutuhan pasar yang selalu meningkat setiap waktu kerajinan sulam ini dikemabangkan menjadi kerajinan bordir sebagai turunannya.

Dalam bordir sendiri, terdapat dua cara dalam membuatnya. Yaitu bordir manual dan bordir dengan menggunakan mesin atau bordir komputer.

Kerajinan Sulam

Kerajinan Jahit Perca

Kain perca adalah sisa-sisa kain yang digunakan untuk membuat pakaian atau kerajinan tekstil lainnya. Jahit perca merupakan proses pembuatan produk kerajinan tekstil dengan bahan dasar kain bekas.

Cara membuat kerajinan perca ini ialah dengan menggabungkan kain perca lalu dijahit dengan pola yang sudah direncanakan.

Kerajinan Jahit Perca

Kerajinan Jahit Tindas

Jahit tindas atau yang biasa dikenal dengan teknik quilting merupakan salah satu teknik menghias permukaan kain menggunakan bahan pelapis. Kemudian di jahit tindas pada permukaan kainnya.

Teknik jahit tindas ini juga sangat banyak diaplikasikan pada kerajinan selimut dengan motif hiasan timbul.

Kerajinan Jahit Tindas

Kerajinan Tapestry

Kerajinan tapestry merupakan salah satu dari banyak bentuk kerajinan tekstil tertua yang ada didunia. Konsep kerajinan tapestry ini ialah proses penenunan yang menjadikan dua buah benang yang di bentuk saling bersilangan.

Kerajinan Tapestry

Kerajinan Cetak Saring

Kerajinan cetak saring atau yang lebih dikenal dengan teknik sablon. Merupakan  Teknik yang menggunakan layar sebagai media cetaknya. Layar yang terbuat dari bahan nilon dengan pola serta kerapatan yang telah ditentukan.

Bisa dikatakan, kerajinan cetak saring ini sudah berkontribusi pada industri tekstil modern. Kerajinan tekstil yang paling berpengaruh adalah konveksi kaos.

Kerajinan Cetak Saring

Kerajinan Tenun

Kerajinan tenun merupakan salah satu teknik untuk membuat sebuah kain. Di Indonesia sendiri setiap daerah mempunyai coraknya masing-masing. Proses pengerjaannya juga menggunakan teknik yang beragam, maka dari itu setiap daerah berbeda coraknya.

Kerajinan Tenun

Kerajinan Makrame

Makrame merupakan bentuk seni kerajinan simpul-menyimpul dengan mengerjakan rantaian benang awal dan juga akhir sampai membentuk suatu tenunan pada rantai benang tersebut.

Ada beberapa cara dalam pembuatan makrame. Antara lain ialah rajut atau anyam, pilin, dan juga simpul. Kerajinan makrame ini mempunyai kesesuaian fungsi, kekuatan, atau keindahan yang berbeda-beda. Fungsi karya bisa dilihat dari penggunaan benda tersebut.

Kerajinan Makrame

Kerajinan Rajut

Merajut merupakan salah satu teknik untuk membuat sebuah kerajinan dengan merangkai benang atau tali dengan mengunakan dua jarum yang mirip sumpit di tangan kiri dan tangan kanan, dan dapat menghasilkan suatu barang yang indah dan dapat di gunakan.

Kerajinan Renda

Teknik yang disebut merenda merupakan cara untuk membuat sebuah kerajinan dengan menautkan benang atau tali dengan menggunakan satu jarum berbentuk hook (pengait) sehingga menjadi suatu bentuk atau rangkaian tertentu da menghasilkan suatu produk.

Beda dengan karya rajut, untuk karya renda lebih digunakan sebagai suatu bidang atau bentuk seperti misalnya taplak meja, tatakan gelas, hiasan, dll.

Fungsi Kerajinan Tekstil

Fungsi Kerajinan Tekstil

Secara keseluruhan kerajinan tekstil ini mempunyai fungsinya tersendiri. Beirkut ini fungsi-fungsi kerajinan tekstil yang berguna bagi masyarakat.

1. Sebagai Simbolik

Kerajinan tekstil sebagai fungsi simbolik, yaitu berfungsi untuk melambangkan suatu hal tertentu yang berhubungan dengan nilai-nilai sepiritual. Contohnya:

  1. Tapestri
  2. Tenun
  3. Batik dengan motif simbolik

2. Sebagai Kelengkapan Ritual

Kerajinan tekstil sebagai kelengkapan ritual yaitu suatu tekstil yang mengandung suatu simbol tertentu dan bisa berfungsi sebagai barang magis yang berkaitan dengan spiritual. Adapun contohnya adalah, kain tenun ulos, batik motif doa, ikat celup Indonesia Timur, dan kain poleng dari Bali.

3. Sebagai Mainan

Meskipun hanya sebagai mainan, kerajinan tekstil ini masih mempertahankan nilai-nilai keindahan. Beberapa macam contoh kerajinan tekstil yang dapat berfungsi sebagai mainan yaitu, Yoyo, wayang, dan boneka.

4. Sebagai Benda Pakai

Selain sebagai mainan, kerajinan tekstil ini juga bisa digunakan sebagai benda pakai atau fungsional. Salah satu jenis benda tersebut ialah diantaranya, kursi dan meja, tas dan ikat pinggang, serta sarung bantal.

5. Sebagai Dekorasi

Selanjutnya, fungsi kerajinan tekstil ialah sebagai dekorasi untuk memperindah ruangan. Beberapa benda yang difungsikan sebagai dekorasi antara lain, guci dan makram.

Konsep Dasar Kerajinan Tekstil

Tidak semua produk yang berbahan dasar tekstil bisa dikelompokkan menjadi karya seni, karena wujudnya harus memenuhi beberapa prinsip berikut.

  1. Unity atau kesatuan, sebuah benda dapat dikatakan mempunyai nilai seni estetis, haruslah yang mempunyai kesatuan dan perpaduan dari beberapa unsur pembentuknya dengan baik dan sempurna.
  2. Complexity atau kerumitan, sebuah benda dapat dikatakan memiliki nilai estetis yaitu benda yang mengandung beberapa unsur yang bersatu dengan kesulitan tertentu salah satunya ialah saling berlawanan, bertentangan, atau saling menyeimbangkan.
  3. Intensity atau kesungguhan, suatu benda dapat dikatakan memiliki nilai estetis bukanlah benda yang kosong atau tidak mempunyai arti, akan tetapi benda yang memiliki kualitas menonjol dalam penampilannya.

Desain Kerajinan Tekstil

Sebuah desain yang baik akan menampilkan susunan yang teratur dari bahan-bahan yang digunakan, sehingga menghasilkan sebuah benda yang indah dan dapat dipergunakan.

Dalam hal ini ada dua macam desain, yaitu structural design atau desain struktur dan decorative design atau desain hiasan.

  • Structural Design (desain struktur)

Structural Design (desain struktur) merupakan susunan dari garis, warna, bentuk, dan tekstur dari suatu benda baik itu berupa benda yang mempunyai ruang atau gambaran dari suatu benda. Contoh desain struktur : gambaran sebuah benda yang akan dibuat dengan melengkapi keterangan ukuran, warna, dan bentuknya.

  • Decorative Design (garnitur)

Decorative Design (garnitur) merupakan sentuhan atau perlakuan yang diberikan pada permukaan busana yang menampilkan efek visual dan memperindah penampilan. Garnitur juga bisa dipakain sebagai unsur dekoratif atau hiasan dan juga sebagai unsur fungsional.

Akhir Kata

Banyak kerajinan tekstil yang merupakan peninggalan para leluhur kita. Tugas kita sebagai warga negara yang baik ialah menjaga dan melestarikan peninggalan tersebut, dengan cara menggunakan benda-benda tersebut dalam keseharian kita.

Kerajinan tekstil juga merupakan jenis kerajinan yang sangat cocok untuk dijadikan peluang usaha. Maka dari itu tidak ada salahnya kalau kamu coba untuk memulai bisnis ini.

Demikian penjelasan kami mengenai kerajinan tekstil dan beberapa contohnya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua dalam dunia kerajinan dan kewirausahaan.

Tinggalkan komentar